Tips Menulis Surat Lamaran Linkedin Supaya Tembus Meja HRD

Tips Menulis Surat Lamaran Linkedin Supaya Tembus Meja HRD

LinkedIn adalah jaringan profesional terbesar di dunia di internet. Anda bisa memakai LinkedIn untuk menemukan profesi yang  ideal atau magang, menghubungkan dan memperkuat relasi profesional, dan mempelajari keterampilan yang Anda butuhkan untuk berhasil dalam karir Anda. Anda bisa mengakses LinkedIn dari desktop, aplikasi seluler LinkedIn, pengalaman website seluler, atau aplikasi seluler LinkedIn Lite Android.

Sebuah profil LinkedIn bisa menolong Anda terhubung dengan kesempatan  dengan memperlihatkan cerita profesional Anda yang unik lewat pengalaman, keterampilan, dan pendidikan.

Menulis surat lamaran Linkedin sekarang menjadi sesuatu yang penting sebab bisa mempertemukan antara pelamar pekerjaan dengan HRD. Jangan remehkan kata pembuka di Surat Lamaran Kerja. Tulisan ini menjabarkan kiat dan triknya membikin surat lamar supaya bisa luar biasa di hadapan HRD.

Tidak banyak yang tahu bahwa kalimat pembuka di surat lamaran kerja dapat menjadi kunci keberhasilan dalam memikat HRD. Sekarang banyak pelamar melamar  memakai media sosial,  contohnya membuat surat lamaran Linkedin. Tetapi, Surat lamaran yang dikirim bukanlah satu-satunya, dan perlu ada kata kunci yang dapat menarik hati.

Di lansir dari sosial media Linkedin, pekerja perlu menjalankan riset mendalam mengenai perusahaannya yang akan di lamar. Para pelamar sepatutnya  mengenali perusahaan lewat situs resmi, Instagram, Twitter dan Linkedin.

Baca Juga:
Kursus Microsoft Office

Bahkan jika perlukan, para pelamar bisa  menjalankan riset dengan bertanya terhadap HRD lewat sosial media. Tentu saja dalam menjalankan analisa ini para pelamar mesti menjaga etika dan sopan santun.  Seandainya ada salah kata bukannya pekerjaan yang diperoleh bahkan stempel buruk sebelum masuk.

Hasil riset tadi diformulasikan dalam bentuk kata-kata yang terencana. Kemudian korelasikan dengan pertanyaan: Mengapa saya layak untuk menempati posisi ini?

5 Tips dan Trik supaya Surat Lamaran Dilirik HRD

Selain tulisan dan riset yang terstruktur, ada 5 tips dan trik supaya surat lamaran kita dilirik oleh HRD.

1. Buat Surat Lamaran Sesimpel Mungkin

Batasi tulisan di surat lamaran sebanyak 500 kata. Dapat dibayangkan bahwa para staf HRD mempunyai banyak kegiatan kecuali memerhatikan surat lamaran dan CV. Makanya, semakin simpel, semakin menarik.

2. Hindari Humor

Jangan sekali-kali menyelipkan unsur humor dalam tulisan di surat lamaran kerja. Biarkan surat lamaran kerja mengalir dengan dinamis dan penuh keresmian. Staf HRD tidak memerlukan kalimat lucu supaya pelamar terlihat humoris. Tetapi kata-kata singkat uang penuh keseriusan untuk bekerja lebih diperlukan dalam bidang ini.

3. Tunjukkan Jangan Katakan

Dari pada menulis seorang pekerja handal atau penulis kreatif, akan lebih bagus jika diganti dengan data dan pengalaman yang pernah dilakukan  dalam proyek atau pekerjaan sebelumnya.

4. Jangan Mengirim Satu Surat Lamaran ke Banyak Perusahaan

Seperti yang ditulis dijelaskan di awal, bahwa riset merupakan hal penting dalam tubuh surat lamaran. Hal itu dikarenakan satu perusahaan dengan lainnya mempunyai karakter yang berbeda. Sehingga, Apabila surat lamaran diterapkan, dikirim ke banyak tempat justru akan memperlihatkan sang pelamar malas mengerjakan riset.

5. Lakukan Cek dan Ricek Sebelum Mengirim

Sebelum menekan tombol kirim, para pelamar seharusnya melakukan pengecekan ulang. Hal itu demi mengantisipasi kekeliruan yang terjadi dalam tubuh tulisan. Seperti kesalahan huruf, angka atau konten tulisan itu sendiri.

Bahkan, jika perlu meminta kritik dan saran dari orang lain. Apabila surat lamaran ditulis dalam Bahasa Inggris perlu dicek tata bahasa atau pemilihan kata. Saat ini telah banyak aplikasi perbaikan tata bahasa secara online, yang gratis ataupun berbayar. Sehingga bisa mengurangi semua yang terlihat sepele tetapi bisa mengurangi kredibilitas si pengirim selaku pelamar kerja.

Sesudah memahami aturan dasar dalam menulis surat lamaran kerja. Linkedin juga memberikan ketentuan dalam menulisnya antar paragraf. Diawali dari pembuka sampai penutup.

Contoh Surat Lamamaran

1. Contoh surat lamaran kerja, yang baru saja lulus kuliah atau fresh graduate

Dengan hormat Bpk/Ibu Manager HRD [nama Perusahaan],

Melalui email ini saya bermaksud melamar pekerjaan untuk posisi content writer di [nama Perusahaan] sebagaimana yang diiklankan di website www.nurulifikri.com

Saat ini saya adalah fresh graduate dari Sekolah Tinggi Terpadu Nurul Fikri (STT-NF) dengan nilai IPK 3,7.

Ketika kuliah, saya pernah magang di PT Tetamba Studio Kreasi untuk posisi yang sama selama kurang lebih enam bulan. Selain itu, saya juga sempat bekerja sebagai freelance programmer selama 2 tahun semenjak awal kuliah.

Harapan saya pengalaman tersebut dapat menjadi bekal untuk bekerja di [nama Perusahaan].

Bersama email ini juga terlampir beberapa dokumen sebagai syarat kelengkapan administrasi, yakni:

  • Curriculum Vitae terbaru
  • FC Ijazah Terakhir
  • FC Transkrip Nilai
  • Surat Keterangan Selesai Magang

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat untuk Bapak/Ibu pertimbangkan lebih lanjut.

Jika Bapak/Ibu membutuhkan detail lebih lanjut mengenai portofolio atau informasi lainnya, silakan hubungi saya di +62888******** atau +62852********.

Saya berharap dapat bertemu langsung dengan Anda pada sesi wawancara untuk membahas kualifikasi saya lebih lanjut dan bagaimana saya akan menjadi aset bagi [nama Perusahaan]. Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Bapak/Ibu. Saya menantikan kabar dari Bapak/Ibu.

Hormat Saya,

M. Abdul K.

2. Contoh surat lamaran dari profesional berpengelaman yang ingin berpindah kerja

Yth. Bapak/Ibu Manager HRD,

Lewat email ini, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai Content Writer di [nama Perusahaan] seperti yang diiklankan di website Tetamba Studio Kreasi.

Saat ini saya bekerja di PT Dafimuzazi Solution sebagai Senior Programmer dalam dua tahun terakhir.

Sepanjang 3 (tiga) tahun bekerja di bidang Front-End Developer, saya telah banyak terlibat dalam pembuatan aplikasi web atau mobile. Sepanjang karier saya sebagai programmer, saya menguasai beberapa bahasa pemograman dan framework, di antaranya:

HTML, CSS, Javascript, Framework CSS dan Javascript, Preprocessor CSS, Version Control System (Git), Responsive & Mobile Design, Testing/Debugging, Browser Developer Tools, Membangun dan Mengoptimalisasi Tools/Website, Command Line.

Serta saya mampu melakukan:

  • Menentukan struktur dan desain halaman website;
  • Memastikan desain web mampu memaksimalkan user experience;
  • Membuat fitur nampak muka yang meningkatkan user experience;
  • Memastikan keseimbangan antara fitur fungsional dengan estetis di website;
  • Memastikan desain web kompatibel untuk dilihat dari smartphone;
  • Melakukan optimasi website agar tetap cepat dan terus dapat dikembangkan;
  • Membuat halaman web menggunakan berbagai varian markup language;
  • Memastikan konsistensi branding melalui desain website;
  • Bekerja sama dengan back end developer untuk melakukan coding dan troubleshooting.

Saya yakin pengalaman dan keahlian yang saya miliki bisa membawa manfaat untuk perusahaan Anda.

Terlampir adalah salinan resume dan portofolio saya yang selanjutnya menjelaskan latar belakang dan keterampilan teknis saya.

Saya dapat dihubungi kapan saja melalui ponsel saya, +62888******** dan +62852******** atau melalui email di karimanonym@gmail.com. Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Anda. Saya berharap dapat berbicara dengan Anda lebih banyak tentang kesempatan ini.

Salam,

M. Abdul K.


Selain Linkedin ada banyak aplikasi sosial media yang juga dapat digunakan dalam proses mencari kerja. Tetapi  dengan mengoptimalkan Linkedin dan menampilkan kinerja dengan baik  dan mempertemukan antara pelamar dengan perekrut terbaik, walaupun tidak berjumpa secara langsung.

Sumber:
www.linkedin.com
katadata.co.id

Share