Tips Memilih Bahasa Pemrograman Yang Tepat

Tips Memilih Bahasa Pemrograman Yang Tepat

Nurul Fikri Komputer – Mau belajar bahasa pemrogrman tapi takut salah pilih? Trus bingung mau mulai dari mana? Di artikel kali ini Nurul Fikri Komputer bakal kasih beberapa tips memilih bahasa pemrograman yang tepat untuk Sahabat NF yang mau mulai belajar bahasa pemrograman.

1. Memilih Berdasarkan Popularitas Bahasa Pemrograman

Memilih bahasa pemrograman berdasarkan popularitas membuat kita lebih mudah untuk mencari pandaun atau tutorialnya secara umum, banyak digunakan perusahaan dan memiliki banyak komunitas.

Contohnya berdasarkan hasil survey StackOverflow pada Petani kode, bahasa pemrograman yang paling popular adalah Java Script.

Dalam memilih bahasa pemrograman ini walaupun popular kita juga harus didasari dengan suka terlebih dahulu pada bahasa pemrograman yang mau kita pelajari dan apakah bahasa pemrograman yang kita pelajari ini akan sama popularnya di tahun-tahun yang akan datang.

2. Memilih Berdasarkan Prosedural

Memilih bahasa pemrograman berdasarkan prosedural seperti C, C++, Pascal, Python, Ruby, PHP, Go, Kotlin.

Baca juga: Bahasa Pemrograman Python

Sangat disarankan untuk tidak memilih bahasa pemrograman Java sebagai bahasa pemrograman pertama karena java dinilai kurang cocok untuk pemula.

3. Pilih Sesuai dengan Tujuan Kamu Untuk Berlajar Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman banyak jenisnya dan juga banyak keguanaanya untuk apa, jadi kamu dapat memilih bahasa pemrograman berdasarkan tujuan kamu belajar bahasa pemrrograman untuk apa? Itu kenapa sebelum menentukan bahasa yang mau kita pilih, kita harus menetapkan tujuan dulu.

Aku ingin belajar … Rekomendasi bahasa pemerograman
Membuar aplikasi pada iPhone Swift
Membuat aplikasi pada android Java, Kotlin
Membuat website Javascript, css, HTML
Membuat aplikasi pada dekstop untuk windows C#, VB
Membuat game 2d/3d C#, C++, Python, Javascript
Membuat program arduino atau micro contoller C
Membuat tools untuk hacking C, Python
Membuat program komputasi untuk matematika dan analisis data Julia, Python, R, Matlab
Membuat automation dan scripting Bisa Python, Ruby, Bash, Powershell, AutoHotKey dan masih banyak lagi.

Jadi jangan sampai belajar bahasa pemrograman yang tidak sesuai dengan tujuan kamu dan malah bosan nantinya, untuk belajar bahasa pemerograman harus didasari dengan niat dan keinginan serta kemantapan hati agar belajarnya jadi fun. Jadi sudah tau mau belajar bahasa pemrograman yang mana berdasarkan tips memilih bahasa pemrograman yang tepat?

Mau belajar bahasa pemrograman yang mana aja kamu bisa cek di Nurul Fikri Komputer, semuanya ada dan dengan harga terjangkau, bisa cek langsung di NF Computer. Selamat belajar bahasa pemrograman.

Sumber: