Siapkan Diri dari Saat ini, 4 Profesi Ini Bakal Bersinar Cerah 5 Tahun ke Depan, Gajinya Dipastikan Buat Rekening Gendut

Illustrasi : freepik.com

NF COMPUTER – Di masa modern dan masa pandemi covid-19 ini telah banyak pengaruh yang buruk bagi sebagian besar pekerja.

Dilansir NFCOMPUTER dari Kompas. com, 255 juta lapangan pekerjaan lenyap akibat covid- 19 yang berdampak besar pada sektor pekerjaan global.

Saat ini manusia wajib lekas bersiap menyesuaikan diri buat menciptakan pekerjaan- pekerjaan lain yang bakal timbul di masa akan datang. Setidaknya, akan ada 85 juta pekerjaan yang sepanjang ini ditangani tenaga manusia yang hendak digantikan oleh mesin. ini merupakan prediks dari World Economic Forum( WEF).

Bersumber pada prediksi tersebut paling tidak 50 persen pegawai butuh menaikkan serta membetulkan skill yang berkaitan dengan teknologi agar tetap bertahan di dunia kerja.

Berita baiknya, mengutip halaman DQLab Universitas Multimedia Nusantara( UMN), walaupun pekerjaan tersebut biasanya digeluti oleh mereka yang mempunyai latar belakang pembelajaran di bidang statistik, IT, ataupun matematika, tidak menutup mungkin untuk lulusan baru ataupun siapa juga dapat berkarier di bidang IT paling utama industri data.

Berikut, 4 profesi yang sangat bersinar 5 tahun ke depan di industri data, yang harus dipelajari dan dikuasai:

1. Data Analyst

Secara garis besar, seseorang data analyst dalam kesehariannya bertugas buat mengambil ataupun mengumpulkan data/informasi, mengendalikan, serta memakainya. Perihal ini tidak lain dia jalani guna memperoleh sesuatu kesimpulan cocok dengan proyek yang lagi diamati, semacam penjualan, inventaris, ataupun media sosial.

Cocok dengan namanya, data analyst pula bertanggung jawab atas analisis statistik serta interpretasi informasi. Buat dapat penuhi kriteria selaku data analyst yang berkompeten kalian butuh memahami sebagian perihal semacam matematika serta statistik, SQL, serta visualisasi informasi.

2. Data Engineer

Untuk kalian yang mau berkarier selaku data engineer, machine learning serta arsitektur data merupakan dua hal yang berarti buat kalian kuasai. Walaupun begitu, masih terdapat kompetensi yang lain yang butuh kalian pelajari.

Tugas utama dari seseorang data engineer merupakan meningkatkan platform buat data-data yang sudah diolah serta ditafsirkan data analyst ataupun data scientist.

Pengembangan platform ini meliputi proses merancang arsitektur database serta pemeliharaan infrastruktur data di sesuatu industri. Pasti saja, mereka pula bertanggung jawab pada akurasi serta fleksibilitas data.

3. Data Scientist

Profesi yang satu ini ialah profesi yang namanya sangat identik dengan data science. Dalam praktiknya, informasi scientist pula bersama mengumpulkan informasi semacam dat analyst, cuma saja ukurannya yang besar.

Tidak hanya itu, data scientist tidak menyudahi hingga di sana, mereka berkewajiban buat mencerna data-data tersebut dan menggali suatu insight baru yang hendak bermanfaat di masa mendatang, spesialnya dalam menolong industri buat pengambilan keputusan.

Beberapa kompetensi juga butuh dipahami oleh mereka yang mau jadi data scientist. Di antara lain semacam bahasa pemrograman, big data tools, visualisasi informasi, machine learning, serta deep learning.

4. Business Analyst

Terakhir merupakan business analyst. Profesi ini pula tidak kalah berarti dalam suatu industri. Dalam kesehariannya, business analyst mempunyai tanggung jawab dalam menganalisis data yang setelah itu digunakan selaku anjuran keputusan bisnis.

Gimana juga keputusan ini cuma ialah suatu anjuran, sebaliknya kendali industri senantiasa terletak pimpinan industri. Tujuan dari hasil keputusan tersebut bermanfaat buat membetulkan permasalahan, membuat industri tersebut jadi lebih baik, serta menghindari mungkin permasalahan di masa mendatang.

Agar dapat berpropesi selaku business analyst, kalian butuh mahir dalam menyajikan simulasi serta perencanaan bisnis.

Sebagian besar profesinya merupakan menganalisis tren bisnis. Misalnya analisis web ataupun analisis harga.

Share