PHP – Hypertext Preprocessor

PHP - Hypertext Preprocessor

Nurul Fikri – Setelah sebelumnya kita sudah membahas bahasa pemrograman seperti Phyton, kali ini kita akan membahas sedikit apa sih PHP – Hypertext Preprocessor?

Mulai dari sejarah singkatnya, sintak dasar, kelebihan PHP dibanding program lain, dan tipe datanya.

Sejarah PHP

Dimulai dengan sejarah singkat PHP yang dapat dilihat dari gambar di bawah ini

Sejarah singkat PHP - Hypertext Preprocessor

PHP yang pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995 dengan kepanjangan nama yaitu Personal Home Page yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web.

Baru pada tahun 1997 singkatan PHP menjadi Hypertext Preprocessor, dengan banyaknya pengembangan akhirnya pada tahun 2004 Zend melakukan pengembangan yang paling besar yaitu dengan memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.

Versi terbaru dan stabil dari bahasa pemograman PHP saat ini adalah versi 7.0.16 dan 7.1.2 yang resmi dirilis pada tanggal 17 Februari 2017.

Sintaksis Dasar

1. Pembatas

PHP hanya mengeksekusi kode yang ditulis dalam pembatas sebagaimana ditentukan oleh dasar sintaks PHP. Pembatas yang paling umum adalah “<?php” untuk membuka dan “?>” Untuk menutup kode PHP.

Tujuan dari pembatas ini adalah untuk memisahkan kode PHP dari kode di luar PHP, seperti HTML,Javascript.

2. Variabel

Pada versi php PHP 5 diperkenalkan jenis isyarat yang memungkinkan fungsi untuk memaksa mereka menjadi parameter objek dari class tertentu, array, atau fungsi. Namun, jenis petunjuk tidak dapat digunakan dengan jenis skalar seperti angka atau string.

Variabel pada PHP diawali dengan simbol dolar "$“.Penulisan fungsi, penamaan kelas, nama variabel peka akan huruf besar dan huruf kecil.

Kedua kutip ganda "" dari string memberikan kemampuan untuk interpolasi nilai variabel ke dalam string PHP. PHP menerjemahkan baris sebagai spasi, dan pernyataan harus diakhiri dengan titik koma ;.

3. Komentar

PHP memiliki 3 jenis sintaks sebagai komentar pada kode yaitu tanda blok / * * / , komentar 2 baris // Serta tanda pagar # digunakan untuk komentar satu baris. Komentar bertujuan untuk meninggalkan catatan pada kode PHP dan tidak akan diterjemahkan ke program.

4. Fungsi

Ratusan fungsi yang disediakan oleh PHP serta ribuan lainnya yang tersedia melalui berbagai ekstensi tambahan. fungsi-fungsi ini didokumentasikan dalam dokumentasi PHP.

Namun, dalam berbagai tingkat pengembangan, kini memiliki berbagai konvensi penamaan. Sintaks fungsi adalah seperti di bawah ini:

function tampilkan($data="") // Mendefenisikan fungsi, "tampilkan" adalah nama sebuah fungsi //Diapit oleh tanda kurung kurawal     if($data) return $data;  else return 'Tidak ada data';       // Melakukan proses pengolahan data, contohnya melalui kondisi echo tampilkan("isi halaman") // Menjalankan fungs 

Kelibahan PHP

Kelebihan berikut adalah beberapa kelebihan PHP – Hypertext Preprocessor jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya:

  1. Sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaannya.
  2. Web Server yang mendukung PHP mudah ditemukan. Mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.
  3. Pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis – milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
  4. PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
  5. PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan diberbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.

Tipe Data

PHP memiliki 8 tipe data, yaitu:

  1. Boolean
  2. Integer
  3. Float/ Double
  4. String
  5. Array
  6. Object
  7. Resource
  8. NULL

Sekian sedikit pengenalan tentang PHP, NF Computer juga memiliki paket kursus belajar PHP mulai dari PHP MySQL Standart sampai PHP Professional yang selengkapnya bisa di cek di sini.

Silahkan mampir di Artikel lainnya, terima kasih.

Sumber: Wikipedia

Share