Perbedaan Linux Mint Cinnamon Dan Mate

Linux merupakan sistem operasi terbuka yang dapat diunduh dengan gratis oleh siapa saja. Hal ini membuat Linux memiliki banyak sekali distro yang sangat bermanfaat untuk pengguna PC/Laptop, terutama untuk mereka yang masih setia dengan PC/Laptop spek rendah.

Dari banyaknya distro yang berhasil diciptakan, ada sejumlah distro yang mendapatkan kepopuleran, misalnya saja Ubuntu dan Linux Mint. Dari kedua distro itu saja, para pengembang terus berinovasi menghasilkan karya terbaiknya.

linux_mint_official_logo

Linux Mint lebih mengutamakan pada kecepatan dan keringanan, sehingga tidak heran jika sistem operasi yang satu ini tetap baik saat di pasang di komputer dengan spesifikasi rendah. Sementara Ubuntu memiliki size yang lumayan besar sehingga tidak bisa digunakan untuk komputer berspesifikasi sangat rendah.

Pengembangan yang dilakukan dari versi Linux sendiri menghasilkan, Linux Mint Mate dan Linux Mint Cinnamon. Mungkin di antara Anda masih ada yang asing dengan istilah ini, akan tetapi hal ini tetap harus Anda ketahui supaya tidak salah dalam memilih sistem operasi yang tepat untuk perangkat kesayangan Anda.

Meski sama-sama dikembangkan dari Linux Mint, perbedaan apa saja yang dimiliki keduanya? Lebih unggul Linux Mint Mate atau Linux Mint Cinnamon?

Dekstop Environment Mate adalah hasil dari remake Dekstop Environment GNOme 2 yang berhasil dilakukan oleh komunitas Linux. Keunggulan dari Dekstop Environment Mate, di antaranya:

  • Mate terbilang lebih stabil dan bisa bekerja di semua komputer.
  • Mate merupakan salah satu desktop environment yang produktif dan sangat mudah dalam penggunaannya.
  • Mate adalah proyek lanjutan dari GNOME 2 dan akan dilakukan perubahan secara berkelanjutan.
  • Mate telah dilengkapi dengan fitur untuk MintMenu, MintDekstop, Compiz, dan yang lainnya. Hal ini menjadikan GNOME 2 sebagai Linux yang cukup populer.
  • Mate diciptakan dengan GTK 2. Fitur yang satu ini punya tema lain dan sudah terintegrasi dengan aplikasi yang ada di desktop lain.

Desktop Environment Cinnamon berasal dari penggabungan antara Clutter dan GNOME 3. Penampilan yang modern dilengkapi fitur sederhana dan sangat familiar dengan pengguna Linux. Penggunaan animasi dan sejumlah inovasi fitur lainnya sangat menarik, akan tetapi masih bergantung pada ekselarasi 3 dimensi dan juga belum kompatibel dengan semua kartu grafis yang ada. Ada sejumlah keunggulan dari desktop environment Cinnamon, yaitu di bawah ini:

  • Cinnamonadalah salah satu desktop environment yang rapi dan sangat modern.
  • Cinnamonpunya fitur inovatif dan penekanan pada produktivitas desktop yang sederhana.
  • Cinnamondibuat dengan teknologi yang cepat dan perkembangan yang cukup cepat pula.
  • Komunitas Cinnamonsangatlah aktif dan dapat menghasilkan banyak tema-tema baru.

Jika dilihat dari penjelasan di atas, desktop environment tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Akan tetapi menurut Leader Project Linux Mint (Clementine Lefebvre) lebih menyaraknkan untuk menggunakan Linux Mint edisi Mate dibanidngkan dengan Cinnamon, alasannya adalah Mate lebih support dengan aplikasi yang telah ada.

Dengan begitu, kegiatan perkomputeran Anda tidak akan terganggu karena sudah banyak aplikasi yang support dengan Mate. Jika Anda memutuskan untuk memilih Cinnamon pun tidak apa-apa. Kebutuhan setiap orang tentu berbeda.

Namun yang pasti, keduanya sangat unggul dalam kecepatan dan keringanan. Hal ini membuat kedua sistem operasi ini dapat dijalankan di komputer dengan spesifikasi rendah.

Semoga informasi di atas dapat memberikan sedikit gambaran terakit dengan Linux Mint Mate dan Linux Mint Cinnamon. Apakah Anda tertarik untuk menginstallnya? Selamat mencoba!

 


Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di:
Training Center – Kampus NF, Jl. Lenteng Agung Raya No. 20-21
Srengseng Sawah – Jagakarsa, Jakarta Selatan 12640
Tel. 021-7874223, 7874224
WA. 081296421595
Official website >> www.nurulfikri.com
registrasi kontak