Perbandingan WordPress dengan Blogspot

Perbandingan WordPress dengan Blogspot

Perbandingan WordPress dengan Blogspot – Dalam membuat blog pribadi, seseorang biasanya menggunakan WordPress atau blogspot. Tapi taukah kamu bahwa dari masing-masing platform tersebut memeliki perbedaan, keunggulan, dan kelemahan masing-masing.

Mungkin ada dari Blogspot yang tidak dimiliki WordPress dan begitupun sebaliknya. Untuk sahabat NF Computer yang masih bingung mau pake platform apa untuk latihan menulis atau blog pribadi kamu, ayo kita simak perbandingan WordPress dengan Blogspot dibawah ini:

1. Domain

Dari segi domain, kedua platform blog tersebut bisa menggunakan domain yang gratis ataupun domain berbayar.

Baca juga: Cara Membuat Blog: WordPress

2. Kontrol

Dalam segi mengontrol website kita, untuk wordpress kita hanya perlu membeli layanan hosting untuk menyimpan data website dan kamu bebas menentukan berapa lama website kamu akan diaktifkan karena kamu adalah pemilik utama data website yang disimpan pada server hosting serta memiliki kontrol penuh untuk mengelolanya.

Sedangkan, Karena Blogspot terintegrasi dengan Google maka anda tidak memiliki konterol penuh. Google dapat menghapus kapan saja blog kamu ketika kamu sudah melanggar ketentuan Google.

3. Tampilan

Dari segi tampilan, baik wordpress ataupun Blogspot keduanya memliki template yang beragam dari yang gratis hingga berbayar. Jika pada wordpress tersedia ribuan template gratis sesuai dengan tema wordpress yang sebelumnya kamu buat, Blogspot hanya memiliki beberapa tema deafult yang gratis tetapi kamu juga bisa mengcustom warna dan tampilan dari tema deafult pada blogspot kamu.

4. Plugin

Karena WordPress adalah paltform bebasis open source maka Wordpress memiliki banyak plugin dan itu berbayar. Plugin disini berguna untuk menambah fungsi untuk worpress kamu agar lebih bagus dibandingkan website lainnya.

Sedangkan Blogspot tidak memiliki plugin.

5. Iklan

Pada wordpress kita tidak di izinkan untuk memasang Adsense dan sejenisnya. Sedangkan, karena Blogspot merupakan salah satu platform dari google maka blogspot terintegrasi dengan adsense dan kamu dapat memasang iklan pada blog kamu yang mana hal tersebut menjadi salah satu kelebihan dari blogspot.

Baca juga: Cara Membuat Blog: Blogger

6. Permalink

Kelebihan lainnya dari WordPress adalah permalink wordpress dapat di kustom dan di ubah sedangkan pada Blogspot tidak bisa mengubah permalink dan mengikuti permalink yang sudah ada.

Kurang lebihnya seperti itu perbedaan antara WordPress dan Blogspot, keduanya memiliki kelebihan dan kekuarangan masing-masing. Tetapi untuk kamu yang ingin membuat web untuk bisnis dengan hosting gratis untuk pertama, kamu bisa menggunakan WordPress agar terlihat lebih profesional. Sedangkan, untuk kamu yang mau menulis ulasan-ulasan atau cerita singkat bisa mulai dengan blogspot. Semua sesuai selera masing-masing, jadi jangan ragu untuk memulai menulis.

Sekian informasi yang dapat kami berikan, semoga dapat menjadi manfaat untuk kamu. Silahkan mampir di artikel lainnya. Terima kasih.

Sumber: niagahoster.co.id