Mengenal DirectX Pada Komputer

Mengenal DirectX Pada Komputer

Mengenal DirectX pada Komputer – Bagi sahabat Nurul Fikri Computer yang sering berkutat dengan komputer pasti ngga asing sama yang namanya DirectX atau ada sahabat NF Computer yang sebenernya baru denger pertama kali mengenai DirectX?

Di artikel kali ini kita akan membahas, apa sih DirectX itu? Apa sih fungsi DirectX? Langsunga aja yuk

Sebelumnya, untuk kinerja hardware yang optimal DirectX memiliki 3 komponen yaitu:

1. DirectX Graphics

Komponen yang dibutuhkan oleh games yang akan kita mainkan ini seperti driect draw (grapic 2 dimensi) sampai direct3d (graphic 3 dimensi) adalah komponen dalam DirectX yang menangani masalah grapich.

2. DirectX Input

Komponen ini menangani bagian peripheral hardware input seperti mouse, keyboard, joystick, dll.

3. DirectX Sound

Komponen ini berisi konfigurasi audio pad komputer, media seperti VLC player dan WinAMP mewajibkan adanya direct sound.

Baca juga: Mengenal Windows 10

Pengertian DirectX

DirectX adalah aplikasi yang dasarnya merupakan penghubung sebuah program terhadap hardware, contohnya mengizinkan game berinteraksi dengan gamepad yang mana biasa disebut dengan istilah Application programming interfaces(API). Atau DirectX dapat diartikan juga sebagai kumpulan API yang berisikan perintah untuk menangani hal dalam pemrograman multimedia khususnya game dalam Microsoft Windows.

Fungsi DirectX

DirectX lebih banyak berfungsi untuk para proggramer dan gamer. Untuk programmer DirectX berfungsi agar para proggramer ngga perlu capek-capek menulis intruksi kerja setiap akan membuat video card, monitor, dan sound devices karena sudah tinggal menggunakan API yang telah disediakan di dalam DirectX. Sedangkan untuk para gamer, DirectX berfungsi sebagai perantar hardware dengan sistem operasi agar lebih optimal digunakan saat bermain game atau program lainnya.

Tetapi, jangan khawatir walaupun komputer kita tidak memiliki DirectX hal tersebut tidak akan mempengaruhi fungsi komputer. Fungsi komputer akan berjalan dengan ada atau tanpa DirectX, contohnya tidak akan ada kerusakan seputar booting atau hal lainnya.

Nah, sekarang apa sudah cukup mengenal DirectX pada komputer? Untuk sahabat NF Computer yang sudah mampir kesini, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu mengenai komputer beserta jaringannya. Terima kasih.

Sumber: myrepairsolution.blogspot/liputan6.com