Inilah Cara Sederhana Membuat API Menggunakan PHP

Inilah Cara Sederhana Membuat API Menggunakan PHP – Sebagian besar dari kita mungkin saja bertanya-tanya mengenai apa itu API? Apa kegunaanna? Apa yang membuatnya begitu populer dan digunakan oleh orang banyak? Bagaimana cara kerjanya? Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, simaklah penjelasan berikut ini dengan baik.

API merupakan singkatan dari Application Programming Interface yang memungkinkan para developer untuk menintergrasikannya menjadi dua bagian dari aplikasi atau dengan aplikasi yang berbeda secara bersamaan. API ini terdiri dari berbagai elemen pendukung seperti function, protocols, dan tools lainnya yang memungkinkan para developer untuk membuat aplikasi mereka masing-masing. Tujuan dari penggunaan API adalah untuk mempercepat proses development dengan menyediakan function secara terpisah, sehingga para developer tidak perlu lagi membuat fitur yang serupa. Penerapan API ini akan sangat terasa jika fitur yang diinginkan sudah sangat kompleks. Hal tersebut tentu saja akan membutuhkan waktu untuk membuat yang serupa dengannya. Misalnya, integrasi dengan payment gateway. Ada beberapa jenis sistem API yang dapat digunakan, termasuk sistem operasi, library, dan web.

API yang bekerja pada tingkat sistem operasi akan membatu aplikasi untuk berkomunikasi dengan layer dasar satu sama lain dan mengikuti serangkaian protocol dan spesifikasi tersebut. Contoh umum yang dapat menggambarkan spesifikasi tersebut adalah POSIX atau Portable Operating System Interface. Dengan menggunakan standar POSIX ini, maka aplikasi yang di-compile untuk bekerja pada sistem operasi tertentu juga dapat bekerja pada sistem lainnya yang juga memiliki kriteria yang sama. Software library juga memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan compatibility antar sistem yang berbeda.

Aplikasi yang melakukan interaksi dengan library harus mengikuti serangkaian aturan yang telah ditentukan oleh API. Pendekatan ini akan memudahkan software developer untuk membuat aplikasi yang dapat berkomunikasi dengan berbagai library tanpa harus memikirkan kembali strategi yang digunakan selama semua library mengikuti API yang sama. Kelebihan yang lainnya dari metode yang satu ini menunjukkan betapa mudahnya menggunkan library yang sama dengan Bahasa pemrograman yang berbeda.

Sebagaimana namananya, Web API dapat diakses melalui protocol HTTP. Ini merupakan sebuah konsep dan bukan teknologi. Kita bisa membuat Web API dengan menggunakan teknologi yang berbeda seperti PHP, Java, .NET, dan lain-lain. Kali ini, yang akan kita bahas adalah cara membuat API dengan menggunakan teknologi PHP.

Teknologi PHP merupakan sebuah Bahasa pemprograman dalam server. Pada konsep dasarnya, kode PHP dieksekusi pada server dan bukan pada browser. Jika Anda menggunakan XAMPP, maka Anda harus meletakkan kodenya pada XAMPP/htdocs. Pengguna Linux biasanya akan meletakkannya di App/Serv/www.

Ada dua hal yang Anda perlukan ketika akan membuat API dengan menggunakan teknologi PHP, yakni Text Editor seperti Notepad++ dan juga Xampp/Wamp.

 

Berikut ini langkah-langkah membuat API sederhana dengan menggunakan PHP:

Buat Database, (disini saya memakai nama: db_pelindungsatwa)

 

Buat Tabel animal

api-php-create-datababase

Isi Tabel Animal (minimal 1 record)

api-php-create-table

Buat folder di ../xampp/htdocs bernama Pelindung_Satwa, lalu buat file conn.php di folder tersebut

api-php-create-table-record

Isi code PHP untuk pembuatan Web API

api-php-web

Anda dapat melihat hasil API yang telah Anda buat pada laman http://localhost/pelindung_satwa/getanimal.ph.

api-php-web-localhost

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat Web API sederhana dengan menggunakan teknologi PHP. Jika dibandingkan dengan teknologi yang lainnya, penggunaan teknologi PHP bisa dibilang lebih mudah untuk dilakukan.

Demikian pembahasan mengenai cara membuat API dengan menggunakan PHP. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat Web API sendiri.


Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di:
Training Center – Kampus NF, Jl. Lenteng Agung Raya No. 20-21
Srengseng Sawah – Jagakarsa, Jakarta Selatan 12640
Tel. 021-7874223, 7874224
WA. 081296421595
Official website >> www.nurulfikri.com
registrasi kontak