Inilah Cara Menampilan Checkbox dari Database Menggunakan PHP

Inilah Cara Menampilan Checkbox dari Database Menggunakan PHP – Input checkbox merupakan sebuah masukan untuk memilih suatu opsi atau pilihan. Jika Anda ingin memilihnya, maka Anda akan men-check atau mencentang. Sementara itu, jika Anda tidak ingin memilihnya maka Anda hanya perlu membiarkannya saja. Untuk memilih satu dari beberapa pilihan, Anda tidak perlu menggunakan input checkbox, namun Anda bisa menggunakan input radio.

Salah satu contoh penggunaan input checkbox yang paling sering dijumpai adalah persetujuan ketika melakukan proses pendaftaran atau registrasi pada sebuah website. Jika sebagai pendaftar Anda menyetujui persyaratan dari website tempat Anda mendaftar, maka Anda harus menyatakannya dengan cara men-check persetujuan tersebut.

Cara membuat input checkbox pada form

Untuk membuat input checkbox digunakan tag <input> dengan artribut type-checkbox. Selain itu, ada dua atribut yang bisa Anda gunakan yaitu name dan value. Atribut name digunakan untuk mendefinisikan identitas input checkbox yang nantinya akan diperlukan ketika pengambilan data. Jika Anda menggunakan banyak input checkbox, maka setiap input checkbox ini harus diberi nama yang berbeda-beda. Selain atribut name, ada pulat atribut value yang merupakan nilai sebuah input checkbox. Dalam menggunakan checkbox, sebaiknya Anda memberinya label atau tanda yang diletakkan setelah penulisan tag <input>. Hal ini dilakukan dengan tujuan pemberian keterangan input checkbox bagi para pengguna.

Penggunaan multi input checkbox

Anda juga bisa memasang lebih dari satu input check secara bersamaan jika dibutuhkan proses memilih beberapa opsi. Satu hal yang paling penting adalah nama dari masing-masing input checkbox tersebut harus selalu berbeda. Input checkbox tersebut akan mengembalikan nilai sendiri-sendiri dan tidak tergantung satu sama lainnya seperti input radio.

Menentukan nilai dari input checkbox

Nilai atau value dari input checkbox harus ditentukan oleh seorang programmer. Tidak seperti input text dan input password yang nilanya bisa dimasukkan oleh pengguna. Jadi, nilai atau value harus selalu berbeda ketika digunakan beberapa input checkbox agar script program dapat bekerja dengan baik.

Mengambil nilai dari input checkbox

Proses pengambilan nilai dari input checkbox ini sesuai dengan metode yang ada pada form. Caranya sama seperti input text dan input password. Namun, satu hal yang membedakan adalah Anda akan melakukan pengecekan apakah input checkbox tersebut dicentang atau tidak. Selanjutnya adalah nilai hanya akan diambil jika input checkbox berada dalam kondisi dicentang saja.

Itulah beberapa hal mengenai checkbox yang perlu Anda ketahui. Meski demikian, dalam prosesnya input checkbox ini terkadang mengalami Kendala yang bisa membuat Anda kelimpungan. Bagaimana tidak? Jika checkbox yang telah Anda buat tidak dapat ditampilkan. Tentu saja hal tersebut dapat membuat Anda merasa stress, karena membuat checkbox dalam database menggunakan PHP tidak bisa disebut sebagai sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Anda harus mengerti terlebih dahulu apa itu checkbox dan juga PHP.

Lalu bagaimana cara menampilkan checkbox dari database menggunakan PHP yang telah Anda buat? Simaklah contoh penyelesaian masalah tersebut berikut ini!

Sebelum membuatnya, Anda perlu mengetahui bahwa input checkbox akan ditampilkan dengan menggunakan looping dengan name yang berupa array, sehingga data yang dihasilkan juga akan berupa array. Sebelum Anda menyimpan ke database, Anda harus melakukan serialize atas array tersebut, sehingga dapat berubah menjadi string dengan format serial. Sebenarnya Anda bisa saja menggunakan implode untuk mengubahnya ke dalam bentuk string, namun cara yang satu ini dijamin lebih aman.

Berikut ini kode yang telah disiapkan. Di dalamnya juga sudah terdapat catatan-catatan agar Anda dapat memahaminya dengan lebih mudah.

checkbox-database-php-1

Jalankan kode tersebut dan cobalah pilih beberapa provinsi, kemudian klik tombol submit. Maka akan muncul string yang akan disimpan ke dalam database. Selain itu, nama provinsi yang telah Anda cek juga akan tetap tercek, karena Anda telah melakukan proses pengecekan dengan menggunakan in_array pada baris ke 46.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menampilkan checkbox dari database menggunakan php dengan mudah. Semoga bermanfaat.


Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di:
Training Center – Kampus NF, Jl. Lenteng Agung Raya No. 20-21
Srengseng Sawah – Jagakarsa, Jakarta Selatan 12640
Tel. 021-7874223, 7874224
WA. 081296421595
Official website >> www.nurulfikri.com
registrasi kontak