Ingin Mencoba Sistem Operasi Linux? Cobalah Linux Paling Ringan Ini

Linux merupakan sistem operasi yang terbilang cepat. Akan tetapi terdapat sejumlah distro Linux yang punya kecepatan lebih. Distro Linux ini memang sengaja dibuat supaya bisa berjalan lebih cepat dibanding Linux-Linux yang lainnya. Distro Linux ini pun sangat cocok digunakan di komputer dengan spek yang kurang baik atau standar, misalnya komputer yang masih menggunakan prosesor Intel Antom atau prosesor jenis lama lainnya.

Adapun distro Linux terbaik yang dapat digunakan di PC laptop dengan spesifikasi rendah, sebagai berikut:

Deepin

deepin linux

Linux Deepin mungkin tidak seterkenal Linux yang lainnya seperti Fedora, Ubuntu, dan Mint. akan tetapi Linux yang satu ini tidak kalah dengan para pendahulunya, terlebih Linux Deepin merupakan keturunan dari Linux Ubuntu. Tak hanya itu, Linux Deepin akan sangat mudah dioperasikan dan tentunya ringan saat digunakan. Meskipun kita menggunakan komputer dengan spesifikasi rendah sekalipun.

Elementary

Elementary OS adalah salah satu dari distro Linux keturunan dari Ubuntu. Environment dari Elementary OS sendiri adalah salah satu dari distro Linux yang punya tampilangan sangat bagus, elegan dan simple. Distro Linux ini pun sederhana namun enak dipandang.

elementary linux

Lubuntu

Dari namanya saja, mungkin di antara kalian sudah bisa menebaknya. Ya, distro Linux yang satu ini merupakan varian resmi dari Ubuntu. Lubuntu memiliki sejumlah perbedaan dengan Ubuntu. Perbedaan yang paling mencolok terdapat pada DE atau Dekstop Environment yang digunakan oleh keduanya. Sistem operasi Lubuntu menggunakan desktop environment LXDE.

Puppy Linux

Distro Linux yang lainnya adalah Puppy Linux. Puppy Linux ini punya keunikan tersendiri yaitu seluruh sistem operasi dan juga aplikasi yang digunakannya berjalan di atas RAM. Hal ini membuat Puppy Linux sangat ringan dan bisa berjalan dengan cepat meski spesifikasi laptop termasuk rendah. Keunikan lainnya, kamu bisa menjalankan Puppy Linux hanya dengan menggunakan flashdisk.

Linux Mint Xfce

Linux yang satu ini mungkin sudah tidak asing di telinga kalian. Ya, Linux Mint merupakan distro Linux yang cukup terkenal. Linux Mint sendiri sebenarnya keturunan dari Ubuntu dan tidak hadir dengan satu buah desktop environment saja.

linux mint xfce

CruchBang

Distro Linux yang lainnya adalah CruchBang, di antara kalian mungkin ada yang baru pertama kali mendengarnya. Meski dinilai kurang terkenal, CruchBang adalah distro Linux yang sangat ringan. Tak hanya itu OS ini pun dapat berjalan dengan lancar di proseesor zaman dahulu seperti Intel Atom.  Tampilannya sangat simple, namun tetap terlihat elegan.

Arch Linux

Arch Linux merupakan Linux yang hanya membawa paket-paket dasarnya saja ketika pertama kali di install di komputer. Oleh karena itu, distro linux yang satu ini tergolong distro Linux yang sangat-sangat ringan. Guna memaksimalkan dan mendapatkan kecepatan yang lebih, Anda bisa menggunakan desktop environment yang ringan usai proses instalisasi .dilakukan, seperti Xfce, OpenBox, dan LXDE.

Itulah sejumlah distro Linux yang paling ringan dan cocok untuk laptop dengan spesifikasi rendah. Sebenarnya di luar sana masih banyak distro Linux yang dapat kalian gunakan di laptop kalian. Bila Anda merasa daftar di atas masih kurang lengkap untuk memenuhi kebutuhan Anda, maka Anda bisa mencarinya di Google, atau mungkin kalian bisa meminta pendapat teman kalian yang mengerti soal sistem operasi Linux.

Semoga dengan daftar di atas, Anda mendapat gambaran seperti apa sistem operasi Linux dan tentunya dapat menentukan sistem operasi yang tepat untuk komputer lawas Anda. Semoga bermanfaat.


Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di:
Training Center – Kampus NF, Jl. Lenteng Agung Raya No. 20-21
Srengseng Sawah – Jagakarsa, Jakarta Selatan 12640
Tel. 021-7874223, 7874224
WA. 081296421595
Official website >> www.nurulfikri.com
registrasi kontak