Hari Laut Sedunia

Hari Laut Sedunia

NF COMPUTER – Hari Laut Sedunia 2021 atau World Ocean Day diperingati pada 8 Juni. Hari ini diperingati untuk mengingatkan kita pentingnya lautan bagi kehidupan manusia. Lautan menutupi lebih dari 70% planet Bumi. Lautan merupakan sumber kehidupan manusia, menunjang kesejahteraan umat manusia dan tiap organisme lain di bumi.

Lautan menjadikan setidaknya 50% oksigen Bumi, yakni rumah bagi beberapa besar keanekaragaman hayati Bumi, dan sumber protein utama bagi lebih dari satu miliar orang di dunia. Belum lagi, laut merupakankunci ekonomi manusia dengan sekitar 40 juta-an orang dipekerjakan oleh industri berbasis laut pada tahun 2030. Terlepas dari semua manfaatnya, keadaan lautan kian hari makin kritis. Diinformasikan PBB, 90% populasi ikan besar habis, dan 50% terumbu karang hancur, manusia mengambil lebih banyak ketimbang yang bisa diregenerasi. Untuk melindungi dan melestarikan laut dan seluruh yang menyangganya, manusia seharusnya menjadikan keseimbangan baru, yang berakar pada pemahaman yang benar seputar laut dan bagaimana manusia terkait dengannya. “The Ocean: Life and Livelihoods” merupakan tema Hari Laut Sedunia 2021, sekalian deklarasi niat yang meluncurkan tantangan satu dekade untuk {menerima} Sustainable Development Goal 14, “Conserve and sustainable use the oceans, seas and marine resources ”, pada 2030.

Kita juga bisa ikut berpartisipasi dalam Hari Laut Sedunia 2021 dengan melakukan 5 cara berikut ini, seperti dilansir Blue Ocean Network.

  1. Perhatikan jejak karbon dan kurangi penggunaan energi
  2. Pilih makanan laut yang aman dan berkelanjutan
  3. Gunakan lebih sedikit produk plastik
  4. Bantu jaga pantai
  5. Jangan membeli barang yang mengeksploitasi kehidupan laut
Share