Cara Membuat Stempel di CorelDRAW

Sahabat NF COMPUTER! Saya akan membagikan ilmu tentang Cara Membuat Stempe di CorelDRAW. Tool yang digunakan pada tuturial ini adalah Elipse tool, Rectangle tool dan Text tool.

Diameter stempel bulat memiliki standar ukuran dunia dari ukuran terkecil di mulai dari diameter 17 mm hingga 51 mm.

Langkah-langkah membuat stempel dengan CorelDRAW X7, sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi CorelDRAW X7 dan buat dokumen baru dengan ukuran A4.

  2. Buat lingkarang utama dengan diameter 35 cm dengan ketebalan outline width 0,5 cm dengan memilih Ellips tool (F7) pada Toolbox kemudian drag pada page dengan menekan tombol Ctrl agar objek lingkaran berbentuk lingkaran sempurna (simetris).

  3. Duplikat lingkaran pertama (Copy+Paste) dengan menekan tombol Ctrl+C dan Ctrl+V diameter 33 mm dengan ketebalan outline width 0,2 cm.
  4. Duplikat lingkaran kedua (Copy+Paste) dengan menekan tombol Ctrl+C dan Ctrl+V diameter 23 mm dengan ketebalan outline width 0,5 cm.

  5. Buat persegi panjang dengan menggunakan Rectangle tool, lebar 25 mm dan tinggi 5 mm dengan ketebalan outline width 0,5 cm. Seleksi persegi panjang dan lingkaran yang tengah (diameter kecil), agar letaknya di tengah-tengah lingkaran tekan Shift lalu tekan E dan C pada keyboard.

  6. Seleksi kembali persegi panjang lalu lingkaran yang tengah (diameter kecil), untuk memotong lingkarannya di property bar >> klik Back minus front.

  7. Ketikan tulisan yang di inginkan dengan menggunakan Text tool (F8), contoh “LEMBAGA PENDIDIKAN KOMPUTER” yang akan kita gunakan pada desain stempel dengan jenis font Arial font-size 9 pt font-style Bold. Klik tulisan tersebut >> lalu pada menu text >> pilih Fit Text to Path.

  8. Geser dan atur posisi tulisan ke dalam lingkaran dengan menggunakan pick tool seperti pada gambar di bawah ini.

  9. Buat tulisan untuk bagian bawah, contoh “NURUL FIKRI” dengan jenis font Arial font-size 9 pt font-style Bold. Klik tulisan tersebut >> lalu pada menu text >> pilih Fit Text to Path.
  10. Geser dan atur posisi tulisan ke dalam lingkaran dengan menggunakan pick tool seperti pada gambar di bawah ini.

  11. Kemudian pilih Mirror Text Horizontaly dan Miror Text Verticali untuk membuat tulisan berbalik normal ke atas.

  12. Buat tulisan untuk bagian tengah, contoh “JAKARTA” dengan jenis font Arial font-size 9 pt font-style Bold. Seleksi tulisan dan lingkaran bagian luar. Untuk menempatkan tulisannya di tengah-tengah, maka tombol Shift klik tulisan tersebut >> dan klik lingkaran bagian luar >> Lalu di tekan huruf “E” dan “C”. Hasil akhirnya silahkan perhatikan gambar di bawah.

  13. Untuk menyimpan hasil desainnya agar bisa di edit kembali yaitu dengan menekan tombol Ctrl+S atau di menu File >> Save, lalu di di kotak File name ketikan nama file, contoh “STEMPEL 35mm LPK-NF” di Save as type birkan tetap *.CDR, pilih lokasi penyimpanan, contoh di D:// lalu telan Save.
  14. Jika ingin dijadikan JPEG, tekan tombol CTRL+E atau File >> Export >> Pilih lokasi penyimpanan, contoh di D:// > beri nama, dan ganti jenis file menjadi JPEG. , pilih lokasi penyimpanan, contoh di D:// lalu telan Export
Share