Cara Membuat Blog: WordPress

Cara Membuat Blog: WordPress Selain menggunakan Blogspot, Web 2.0 yang sering digunakan adalah WordPress. WordPress juga merupakan sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog.

Walaupun domain dan plugin wordpress berbayar, tetapi wordpress lebih banyak diminati karena wordpress berbasis open source. Sahabat NF Computer Ayo simak bagaimana cara membuat wordpress.

1. Ketikan WordPress.com hingga muncul tampilan seperti gambar dibawah
Cara Membuat Blog: WordPress

Kemudian klik tombol orange untuk memulai blog kamu.

2. Setelah melakukan klik pada tombol orange
Cara Membuat Blog: WordPress

Kemudian akan tampil tampilan seperti dibawah dan masukan data-data yang diperlukan dalam kotak-kotak tersebut.

3. Pilih jenis blog seperti apa yang kamu ingin buat
Cara Membuat Blog: WordPress
4. Langkah selanjutnya adalah menentukan jenis blog kamu dengan memilih kategori yang ada, jika sudah tinggal klik lanjutkan.
Cara Membuat Blog: WordPress
5. Kemudian masukan judul blog kamu, kemudian klik lanjutkan
Cara Membuat Blog: WordPress
6. Kemudian kamu akan memilih nama wordpress serta domain
Cara Membuat Blog: WordPress

Kamu bisa memilih domain berbayar atau gratis.

7. Terakhir, jika muncul tampilan seperti dibawah. Tinggal lewati saja.
Cara Membuat Blog: WordPress

Baca juga: Perbandingan WordPress dengan Blogspot

Kamu bisa melewati tampilan diatas untuk memulai blog kamu dengan menklik “mulai dengan situs kosong” tulisan yang berada di tengah.

Jika langkah-langkah tersebut telah selesai, kamu bisa memulai postingan kamu dengan menklik tombol “tulis” yang ada pada pojok kanan atas dan akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Blog: WordPress

Kamu tinggal tulis, apa yang ingin kamu tulis sesuai dengan tema blog kamu pada wordpress dan lengkapi kategori-kategori yang ada. Sama seperti blogspot, postingan pada wordpress pun dapat diatur kapan mulai dan sampai kapan tulisan tersebut terbit. Jika sudah tinggal klik publikasi dan tulisan kamu pada wordpress sudah terposting pada laman kamu.

Selain ini berbasis open source, WordPress banyak diminati juga karena dia memiliki kelebihan yaitu punya banyak plugin, memiliki banyak tema tampilan, fleksibel, memiliki HTML yang bersahabat dan masih banyak lagi.Jadi buat kamu yang mau mulai menulis, bisa pake Blogspot atau WordPress karena keduanya sangat bersahabat dan mudah digunakan.

Semoga informasi cara membuat blog: WordPress ini dapat bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Terima kasih.