Cara Install Dual Boot Kali Linux dan Windows 8 yang Jarang Diketahui

Cara Install Dual Boot Kali Linux dan Windows 8 yang Jarang Diketahui

Linux merupakan salah satu sistem operasi yang paling banyak penggunaannya di dunia. Namun, jika komputer Anda tidak dirancang dengan menggunakan linux dan Anda ingin menggunakannya tanpa memberhentikan OS yang sudah ada, maka Anda bisa melakukan dual boot pada komputer Anda agar tetap bisa menggunakan kedua sistem operasi tersebut secara bergantian. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara menginstall Kali Linux dual boot dengan Windows 8.

cara instal linux kali dual boot

Untuk memulai instalasi tersebut, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, yaitu:

  1. Download Kali Linux terlebih dahulu dengan catatan file ISO memiliki ukuran yang hampir mencapai 3GB. Oleh karena itu, pastikan internet Anda stabil dan cepat. Untuk menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan, anda bisa menggunakan download manager agar Anda bisa meresume jika terjadi kesalahan koneksi ketika proses download berlangsung.
  2. Burning file ISO yang sudah Anda download sebelumnya, atau Anda juga bisa menggunakan flashdisk dengan cara menjadikannya bootable. Anda bisa mencari di internet mengenai cara membuat flashdisk bootable.

Membuat Partisi Baru

Setelah Anda memenuhi kedua hal tersebut, langkah selanjutnya adalah membuat partisi baru dengan cara sebagai berikut:

  1. Jika komputer yang Anda gunakan menggunakan 2 partisi, maka Anda bisa menyusutkan salah satunya. Misalnya Anda ingin menyusutkan Local Disk E sebesar 50GB.
  2. Langkah awalnya adalah dengan mengeklik kanan pada MyComputer, kemudian Manage – Disk Management.
  3. Karena yang akan Anda susutkan adalah partisi E, maka klik kanan pada partisi tersebut, kemudian pilih “Shrink Volume”.
  4. Partisi yang baru tersebut digunakan untuk proses instalasi Kali Linux. Masukkan jumlah partisi baru yang Anda inginkan pada kolom “Enter the Amount of Space to Shrink in MB”.
  5. Setelah itu akan terbentuk partisi baru dengan kapasitas penyimpanan sesuai yang telah Anda masukkan sebelumnya dengan warna partisi hitam dan nama unlocated.

Proses Instalasi Kali Linux

  1. Pastikan agar BIOS komputer Anda telah diatur agar booting via CD, DVD ataupun USB yang sudah disiapkan sebelumnya.
  2. Jika settingan sudah dirasa benar, maka akan muncul tampilan Kali Linux dengan berbagai macam pilihan. Anda bisa memilih “Graphical Install” untuk mengisinya.
  3. Selanjutnya akan ada pilihan Bahasa, lokasi dan konfigurasi keyboard yang harus Anda isi. Klik Continue setelah mengisi ketiga pilihan tersebut.
  4. Setelah itu, yang selanjutnya adalah mengatur jaringan atau “Configure Network”. Jika tidak terhubung ke jaringan internet, sebaiknya Anda memilih “Do Not Configure the Network at This Time”. Lalu klik “Continue” untuk melanjutkan.
  5. Pada kolom hostname, Anda dapat mengisinya sesuai dengan keinginan Anda.
  6. Langkah selanjutnya adalah mengatur password. Jangan sampai Anda melupakan password ini karena password tersebut akan digunakan setiap kali Anda menggunakan Linux.
  7. Setelah selesai mengatur password, selanjutnya adalah mengatur jam. Klik Continue untuk melanjutkan setelah mengaturnya.
  8. Pada pilihan Partition Disk, Anda bisa memilih yang paling atas yaitu “Guided-use the largest continuous free space.
  9. Selanjutnya pilih bagian yang paling atas, yaitu “All files in one partition”. Lalu klik Continue.
  10. Pilih “Finish partitioning and write change to disk”, kemudian klik Continue.
  11. Pilih Yes untuk memulai proses instalasi Kali Linux.
  12. Setelah proses instalasi selesai, maka akan muncul tampilan “Configure the Packacge Number”, Anda hanya perlu memilih No.
  13. Langkah selanjutnya adalah menginstal Grub.
  14. Tunggulah hingga proses instalasi selesai. Setelah itu, klik Continue. Tunggu hingga komputer Anda merestrat dengan sendirinya.
  15. Untuk login, masukkan dua hal ini pada kolom isian:

User : Root

Password : Sesuai yang Anda masukkan pada proses instalasi sebelumnya.

Catatan:

Dengan dual boot ini, maka Anda bisa beralih ke OS Windows ataupun Kali Linux sesuai dengan keinginan Anda pada menu GNU Grub.

Demikianlah pembahasan mengenai cara install Dual Boot Kali Linux dan Windows 8 yang harus Anda ketahui untuk menambah pengetahuan dasar Anda mengenai teknologi komputerisasi. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda para pembaca.