Cara Belajar Web Programming Otodidak Paling Ampuh

Cara Belajar Web Programming Otodidak Paling Ampuh

Banyak dari mereka yang ingin memulai belajar programming, namun langkah tersebut seakan terhenti karena mereka tidak tahu harus belajar dari mana terlebih dahulu. Hal ini seringkali membuat para pemula bingung. Lantas sebaiknya apa dulu yang harus dipelajari?

belajar web programming otodidak

Pelajari HTML

Langkah pertama adalah dengan belajar HTML. Hal ini karena HTML merupakan inti dari seluruh halaman web, sehingga sangat mustahil untuk membuat website tanpa memiliki dasar pengetahuan tentang HTML. Sebagai pemula, Anda tidak usah khawatir karena HTML sangat mudah dipelajari. Anda pun tidak harus memiliki dasar programming untuk mempelajarinya. Satu-satunya kemampuan yang dibutuhkan saat belajar HTML adalah Anda sudah familiar dengan cara menggunakan web browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Kuasai Dasar HTML

Mempelajari HTML memang cukup memakan waktu jika dikuasai semuanya, untuk itu Anda bisa menguasai dasar-dasarnya terlebih dahulu. Anda bisa memilih antara CSS atau PHP. Bila berminat dengan dunia desain, atau web design, maka pelajari CSS. Akan tetapi bila ingin membuat aplikasi web seperti pemrosesan form, membuat laporan dan lainnya, bisa melanjutkan ke PHP.

Web Programming dengan PHP

PHP biasanya dipelajari setelah Anda mempelajari HTML dan CSS. Hal ini karena PHP merupakan murni bahasa pemrograman komputer. HTML dan CSS sendiri masih belum dikatakan bahasa pemrograman, tapi lebih pada bahasa kode. Di PHP bisa dikatakan web programming yang sebenarnya. PHP akan digunakan untuk membuat ‘program’ sebuah website, mulai dari memproses hasil form HTML, mengatur alur logika, sampai berkomunikasi dengan database seperti MySQL.

Menyimpan Data di Database MySQL

Saat membuat website dengan PHP, kadang Anda perlu menyimpan data seperti registasi user, laporan penjualan dan lainnya. Media yang digunakan untuk menyimpannya dikenal dengan database.

Terdapat beberapa aplikasi database yang bisa Anda gunakan, namun saat ini aplikasi database yang paling populer adalah MysQL. Anda dapat mempelajari MySQL bersamaan dengan PHP atau fokus ke PHP terlebih dahulu, kemudian baru ke MySQL.

Animasi dengan Java Script

Materi terakhir yang harus Anda kuasai adalah JavaScript. Tidak jauh bedanya dengan PHP, JavaScript adalah bahasa pemograman murni. JavaScript ini dibutuhkan saat Anda membuat halaman website yang interaktif.

Sebenarnya, kamu bisa langsung belajar JavaScript setelah belajar HTML. Akan tetapi akan lebih baik masuk ke JavaScript setelah Anda belajar PHP, terutama jika sebelumnya Anda belum pernah mempelajari bahasa pemrograman.

HTML + CSS + PHP + MySQL + JavaScript, berapa lama untuk menguasainya?
Lamanya waktu yang dihabiskan untuk mempelajari poin-poin yang sudah dijelaskan di atas, tidak bisa ditentukan. Hal ini karena lamanya waktu tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor. Jika hanya sekedar tahu saja, tentang fungsi dari masing-masing bahasa di atas, mungkin satu minggu sudah cukup.

Namun untuk menguasai secara keseluruhan hingga Anda bisa membuat web dengan tampilan yang sangat menarik, tentu membutuhkan waktu.

Hal ini tentu saja tidak akan luput dari kegigihan Anda dalam mempelajari web programming. Tidak ada yang tidak mungkin jika Anda berusaha pantang menyerah.

Mungkin di tengah jalan, Anda menemukan kendala. Akan lebih baik, Anda bertanya kendala tersebut pada orang yang sudah meneguasai web programming ataupun langsung mencari jawaban akan kendala tersebut di internet. Ingat, membuat web yang sangat menarik dan keren membutuhkan banyak waktu sehingga Anda tidak boleh menyerah. Semoga berhasil.

===========================================

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di:
NF COMPUTER Training Center
Jl. Lenteng Agung Raya No. 20-21
Srengseng Sawah – Jagakarsa
Jakarta Selatan 12640
Tel. 021-7874223, 7874224
WA. 0812.9642.1595 ; 0812.9642.1595
www.nurulfikri.com