8 Perbedaan Antara Linux Mint dan Ubuntu Ini Wajib Anda Pahami

Linux merupakan salah satu jenis kernel yang sangat populer. Meski biasanya orang cenderung menyebut Linux untuk menunjukkan sistem operasi yang menggunakan kernel yang satu ini. Namun ternyata, ada banyak sekali jenis distro (yaitu sebutan untuk sistem operasi yang disebarkan dan dibuat dari kernel Linux) yang ada saat ini. Dua di antaranya sangat terkenal, yaitu Linux Mint dan Ubuntu.

8 Perbedaan Antara Linux Mint dan Ubuntu Ini Wajib Anda Pahami

Meski berasal dari kerel yang sama, namun keduanya jelas memiliki perbedaan. Apa saja perbedaannya? Simak ulasannya di bawah ini:
Sama-Sama Debian-Base, Namun Dengan Kode yang Berbeda

Ubuntu dan Linux Mint merupakan sistem operasi dengan kernel Linux berbasis pada kode Debian. Faktanya, Linux Mint merupakan pengembangan lanjutan dari Ubuntu. Meski dengan source code yang sama, akan tetapi pengembangan dan modifikasi yang dilakukan jelas berbeda.

Tujuan Pembuatan

Tujuan keduanya tentu tidak jauh beda, hanya saja Linux Mint lebih mengutamakan pada masalah kehandalan sistem dan interface. Hal ini membuat ukuran instalasi Linux Mint cenderung lebih kecil dibanding Ubuntu. Ubuntu sendiri lebih cocok menjadi sistem operasi untuk kebutuhan sehari-hari dan unggul dalam dukungan aktivitas desktop lebih lengkap saat pertama kali diinstall bila dibandingkan dengan Mint.

Antarmuka Pengguna

Linux Mint punya banyak sekali pilihan desktop environment yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan user. Anda dapat memilih apakah akan menggunakan antar muka KDE, Mate, XFCE, atau Cinnamon. Sedangkan Ubuntu hadir dengan antarmuka berbasis GNOME dengan tampilan Unity yang tersedia dalam 2D dan 3D serta adanya opsi untuk melakukan pencarian online di dasbor.

Kecepatan dan Keringan

Dari awal Mint dibuat agar lebih ringan dan lebih efektif, untuk itulah Mint lebih unggul dibandingkan dengan Ubuntu, terutama perangkat yang Anda gunakan adalah perangkat keras lama. Akan tetapi, Ubuntu pun memiliki kecepatan yang tidak kalah dengan Linux Mint.

Aplikasi Default Setelah Instalasi

Linux Mint dan Ubuntu menawarkan aplikasi paska instalasi yang sangat beragam. Akan tetapi, Linux Mint hadir dengan aplikasi bawaan default yang terbilang lengkap, seperti Java, Flash, codec audio atau video dan lainnya. Sedangkan pada Ubuntu menawarkan aplikasi tersebut sebagian dengan cara unduh selama instalasi. Itu artinya, kamu harus punya koneksi internet supaya bisa menginstal aplikasi-aplikasi tersebut.

Proses Intalasi dan Download

Ubuntu dan Linux Mint sama-sama bisa Anda unduh. Perbedaannya akan sangat terlihat dari kecepatan mendownload. Hal ini karena Ubuntu berukuran besar, dan juga server Ubuntu akan secara otomatis memilih server yang dekat dengan lokasi IP-mu. Ubuntu akan menyediakan opsi untuk diinstall sebagai program pada Windows, hal ini membuat Ubuntu dapat dihapus dengan mudah bila ingin diuninstall. Sedangkan Linux Mint bisa melakukan hal yang sama, akan tetapi lebih baik untuk menginstall Mint tanpa lewat UEFI, sebab Anda perlu memformat ulang seluruh partisi.

Biaya

Anda bisa mengunduh Ubuntu dan Mint secara gratis. Akan tetapi pada Ubuntu, Anda harus membayar biaya tertentu bila ingin dukungan dari profesional. Sedangkan untuk Mint merupakan sistem operasi yang benar-benar gratis dan mengandalkan pembiayaan dari donasi pengguna, mitra, sponsor dan lainnya.

Lokasi Bar Menu

Perbedaan yang satu ini merupakan perbedaan yang paling tidak terlihat. Pada tampilan Ubuntu, jendela aplikasi lebih mirip MacOS, yaitu bilah menu terdapat di bagian atas layar aplikasi yang tengah dijalankan. Sedangkan pada Mint, bilah menu melekat pada jendela aplikasi seperti halnya tampilan pada Windows.

Itulah sejumlah perbedaan antara Linux Mint dan Ubuntu. Semoga bermanfaat.

 

===========================================

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di:
NF COMPUTER Training Center
Jl. Lenteng Agung Raya No. 20-21
Srengseng Sawah – Jagakarsa
Jakarta Selatan 12640
Tel. 021-7874223, 7874224
WA. 0851.0218.5441 ; 081296421595
www.nurulfikri.com