7 Cara Belajar Java Web Programming Anti Membosankan

Belajar Java Web Programming membutuhkan fokus yang stabil. Hal ini seringkali membuat mereka yang belajar Java mengantuk. Terlebih bagi mereka yang mempelajarinya melalui buku. Kebanyakan bahasa yang digunakan sebuah buku yang menjelaskan tentang pemrograman Java memang baku sehingga terkesan kaku. Hal ini membuat siapa saja akan sulit memahaminya, terutama bagi seorang pemula.

Namun masalah tersebut dapat diatasi dengan 7 cara asyik belajar Java Web Programming, seperti di bawah ini:

Belajar Via Online

Pembaca tidak perlu menginstall IDE. Hanya dengan coding dan compile, pembaca sudah bisa melihat hasilnya. Seringkali dilengkapi dengan tutorial yang interaktif, sehingga akan lebih mudah untuk memahami class dalam Java. Pembaca pun tinggal memilih chapter, kemudian mengikuti intruksinya. Banyak sekali vlogger, ataupun blogger yang siap membantu. Anda tinggal memilihnya yang sesuai dan mudah dipahami.

Belajar by doing

Apabila pembaca pernah mencoba untuk melatih skill pemrograman Java dengan cara otodidak dan belum pernah merasakan tantangan di dalamnya, maka pembaca dapat memecahkan tantangan menarik yang diberikan oleh programmingbydoing. Telah ada setidaknya 2000 sekolah yang mencoba tantangan ini. Pembaca dapat menguji skill yang sudah dikuasai dengan gaya problem solving.

Belajar Via Video

Dengan belajar lewat konten video, maka belajar terseut akan lebih asyik dan tentunya mudah diserap karena dijelaskan dengan melibatkan berbagai unsur multimedia. Hal ini tentu lebih mengasyikkan dibanding belajar lewat buku yang lebih banyak teks dibanding gambar. Sudah jutaan video yang berkaitan dengan pemrograman Java di situs Youtube, Vimeo dan lainnya. Salah satu channel tutorial pemrograman Java yang paling terkenal adalah NewBoston.

Kursus Online

Pembaca seringkali tidak paham tentang penjelasan di buku Java Web Programming, terlebih sintaks yang terkenal sulit dipahami hanya dengan membaca saja. Hal ini dapat diatasi dengan cara mengikuti kursus online terkait dengan Java Web Programming. Kursus online ini membuat pembaca bisa langsung bertanya pada lecture dan dapat melakukan diskusi langsung dengan peserta lain. Salah satu situs yang menyediakan kursus online pemrograman Java Udemy.

Belajar dengan Animasi

Ini merupakan cara belajar yang paling asyik. Situs Greenfoot menawarkan animasi untuk Anda belajar pemrograman Java. Di dalamnya ada coding yang dipasangkan dengan animasi supaya program lebih mudah dipahami. Pembaca pun dapat berdiskusi, sharing dan berhubungan langsung dengan komunitas pengguna, baik itu dengan peserta ataupun guru.

Belajar Bersama Teman

Saat Anda mendengarkan penjelasan guru ataupun dosen, terkadang malu bertanya. Padahal Anda masih bingung dalam memahami materi. Untuk itu, Anda bisa bertanya kepada teman. Anda bisa sharing pengetahuan dengan teman Anda sehingga belajar pemrograman Java tidak akan membosankan.

Belajar Dengan Komunitas

Komunitas tidak hanya ada di offline, tapi juga ada komunitas online. Anda bisa menemukan komunitas pemrograman di Kaskus, Grup Facebook ataupun forum lainnya. Sementara untuk komunitas offline, pembaca dapat gabung grup pemrograman Java di wilayah sekitar pembaca. Dengan belajar bersama, pembaca akan mendapat resource lebih terkait dengan Java Web Programming.

Nah itulah beberapa cara yang bisa Anda pilih agar lebih menyenangkan saat belajar Java Web Programming. Tidak ada yang sulit saat Anda berani untuk bertanya ataupun sharing dengan orang lain. Pilih cara belajar yang paling cocok supaya Anda tidak lagi terpaksa untuk belajar, atau bahkan menjadi lebih semangat untuk mempelajari Java Web Programming. Selamat mencoba dan semoga berhasil.