6 Perbedaan What’s App dan Telegram

6 Perbedaan What's App dan Telegram

6 Perbedaan What’s App dan Telegram – Sebagian besar orang, jika ditanya paltform chating apa yang lebih sering digunakan? Pasti kebanyakan akan menjawab What’s App tetapi mungkin ada juga yang menjawab Telegram.

Mungkin banyak juga yang tau What’s App dan mungkin juga banyak yang tau Telegram, keduanya sama-sama berfungsi sebagai paltform chat. Tetapi jika dibandingkan keduanya apa memiliki perbadaan? Di artikel kali ini NF Computer akan mengulas sedikit mengenai 6 perbedaan What’s App dan Telegram.

1. Cara Mengakses

Baik What’s App ataupun Telegram keduanya memiliki akses hampir di semua perangkat, keduanya dapat di akses pada Web, Windows Phone, Android, MacOS, dan PC.

Perbedaan yang dapat dilihat dalah disini, jika What’s App harus memiliki satu jaringan antara ponsel dan PC jika ingin tersambung.

Sedangkan Telegram tidak perlu menggunakan satu jaringan, jika kita sudah login pada PC kita tetap dapat menggunakannya walaupun jaringan ponsel kita tidak baik.

Baca juga: 6 Aplikasi Chat yang Paling Digemari

2. Mengirim File

Kedua platform memberikan fasilitas mengirim file dalam bentuk dokumen, foto, ataupun suara dan yang membedakan dari kedua platform tersebut dalam mengirim file adalah dari besarnya file yang dikirim.

What’s App hanya dapat mengirim file dokumen dengan besar maksimal 100 MB sedangkan pada Telegram kita dapat mengirim file dengan besar maksimum 1,5 GB.

3. Penyimpan Chat Back Up

Dalam What’s App kita perlu memback up chat kita pada google atau cloud jika menggunakan Iphone, karena jika kita pindah akun dari satu ponsel ke ponsel yang lain chat sebelumnya akan hilang jika kita tidak melakukan back up.

Sedangkan, Telegram menyimpan chat history pada cloud telegram itu sendiri sehingga walaupun kita tidak melakukan back up pada chat Telegram secara otomatis akan tersimpan walupun kita pindah perangkat chat lama akan tetap ada.

4. Voice Call dan Video Call

Dalam hal ini What’s App lebih maju dibanding Telegram, sampai saat ini What’s App dapat melakukan Voice call ataupun Video call bahkan dengan group dengan maksimal 4 orang.

Sedangkan, Telegram hanya baru memiliki layana Voice call saja belum dilengkapi dengan panggilan video call.

5. Group Chat

Dalam group chat, Telegram memfasilitasi hingga 100 ribu anggota yang sebelumnya dapat kita upgrade lebih dahulu ke Supergroups. Sedangkan pada What’s App hanya dapat menampung kurang lebih 300 anggota.

6. Sticker Chat

Saat sedang bertukar pesan kita kadang memerlukan chat pendukung yang lucu-lucu dan menarik, dalam What’s App agak susah mendaftarkan sticker karena mereka berbasis kreator dan ada pengecekan dari What’s App sendiri.

Sedangkan, Telegram menggunakan sticker berbasis bot jadi kita dapat dengan bebas menggunakan sticker yang kita download sebelumnya.

Berikut adalah beberapa perbedaan What’s App dan Telegram yang paling umum. Jadi, sudah tau mau menggunakan platform yang mana?

Sumber: Wikipedia