5 Tips video editing untuk membuat video semakin keren

5 Tips video editing untuk membuat video semakin keren – Kini semua orang menyukai video. Hal ini karena video bisa menyajikan pesan dan berbagai cerita dengan sangat baik. Apakah video lucu, video sedih, video profesional, semua video disukai banyak orang.

Hal ini menjadikan ada banyak orang yang ingin memproduksi video. Saat ini semua orang bisa membuat video dengan mudah karena di setiap smartphone sendiri, sudah dipastikan akan ada fitur video di dalamnya.

Hanya saja, bisa mengambil video bukan berarti bisa membuat video yang keren. Ada sebuah proses yang harus dilalui agar hasil video lebih menarik untuk ditonton. Proses itu dinamakan editing video.

Dahulu, mengedit video tidak bisa dilakukan semua orang. Hal ini karena aplikasi dan software editing video biasanya sulit untuk digunakan orang kebanyakan. Harus belajar terlebih dahulu sebelum bisa menggunakannya.

Baca Juga : Aplikasi Edit Video Online Canva

Tapi sekarang aplikasi editing video sudah banyak berkembang, dan semua orang, bahkan yang tidak paham akan editing video, bisa melakukannya dengan mudah.

5 Tips video editing untuk membuat video semakin keren

Agar tidak sembarangan mengedit video, berikut adalah tips video editing yang harus diketahui supaya video yang di edit bisa lebih menarik.

1. Tambahkan musik

Sebuah video yang menarik akan memiliki musik di dalamnya. Layaknya sebuah film. Dengan adanya musik di dalam video, video akan lebih memiliki rasa dan cerita. Karena musik sendiri bisa menggambarkan emosi dari video. Apakah itu video sedih, lucu, atau bahkan video semangat. Hanya saja, kita perlu mengatur volume suara dari musik tersebut. Jangan sampai terlalu lantang, tapi jangan juga terlalu pelan sehingga tidak terdengar. Yang pasti, saat ada orang berbicara di dalam video, sebisa mungkin suara musik mengalahkan suara orang tersebut.

2. Mainkan tempo

Video bisa juga menarik saat temponya diatur sedemikian rupa. Untuk sebuah momen video yang keren, kita bisa mengatur temponya menjadi lambat (slow motion) sehingga ada banyak orang yang bisa melihat momen tersebut dengan lebih jelas. Kita juga bisa mempercepat video jika perlu untuk mengurangi durasi. Hanya saja kita perlu memastikan bahwa mengatur tempo video ini harus disertai alasan yang jelas.

3. Tambahkan gambar lain

Saat sedang mengambil gambar video, terutama saat mengambil orang bercerita, seringkali kita kehilangan momen. Karenanya, kita perlu memberikan gambar tambahan. Biarkan suara orang bercerita terus berjalan, tapi ganti gambarnya dengan gambar lain atau b-roll. B-roll sendiri merupakan sebuah gambar atau video stok yang berupa video general. Kita bisa menggunakannya untuk hal ini, sehingga kisahnya bisa didukung dengan visual yang baik.

Baca Juga : 5 Tips Digital Marketing Agar Bisnis Makin Sukses

4. Buat gambar jadi stabil

Tidak ada yang suka gambar yang bergoyang dengan parah. Karenanya, kita harus menggunakan stabilizer di dalam aplikasi editing. Sehingga gambar video yang ditayangkan bisa lebih halus. Video yang bergoyang-goyang membuat penonton pusing dan tidak bisa fokus melihat gambar. Karenanya kita perlu untuk menggunakan stabilizer, dan membuat gambar menjadi lebih stabil.

5. Mainkan warna

Kita bisa mengatur warna di dalam video sehingga video bisa lebih menggambarkan emosi cerita yang ingin disampaikan. Warna dalam video sendiri bisa diubah dari segi temperatur maupun mood rasa dari gambar itu sendiri. Warna yang lebih hangat akan membuat video lebih kekuningan, sementara wana yang lebih dingin akan membuat warna lebih kebiruan. Hal ini cocok untuk menggambarkan emosi. Misalnya warna hangat untuk video dengan adegan semangat, marah, atau gairah. Sementara warna dingin bisa digunakan untuk adegan video sedih, emosional, dan murung.

Ikuti Kursus Video Editing di NF COMPUTER

Share