5 Tips Digital Marketing Agar Bisnis Makin Sukses

5 Tips Digital Marketing Agar Bisnis Makin Sukses – Digital marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang kini sedang bertumbuh dengan sangat cepat. Hal ini diiringi dengan semakin majunya teknologi digital, dan juga kebiasaan banyak masyarakat yang berubah. Kini, hampir semua orang punya gadget digital di tangannya. Menjadikan pemasaran digital semakin efektif.

Di era sekarang, marketing adalah tentang menghubungkan penjual dengan pembeli langsung. Lalu kita bisa menjualnya dengan cepat karena langsung ditujukan kepada target yang jelas. Sehingga, kita tidak perlu membuang-buang waktu untuk memasang iklan di tempat atau kepada pasar yang memang bukan target usaha kita.

Baca juga : 5 Tips video editing untuk membuat video semakin keren

Ada banyak hal yang dicakup dalam digital marketing. Di antaranya adalah konten marketing, email marketing, search engine optimization (SEO), search engine marketing (SEM), social media marketing (SMM), mobile marketing, dan banyak jenis lainnya.

5 Tips Digital Marketing Agar Bisnis Makin Sukses

Baca juga : Aplikasi Edit Video Online Canva

Walau banyak tidak perlu khawatir untuk melakukannya. Karena kita hanya perlu melakukan pemasaran digital dengan menggunakan channel yang sesuai dengan usaha, dan juga cocok dengan bisnis kita.

Inilah tips melakukan digital marketing agar bisnis lebih sukses.

1. Gabungkan SEO dan konten marketing

SEO kini menjadi salah satu cara digital marketing yang paling disukai banyak orang. SEO adalah cara yang efektif untuk digital marketing karena berusaha meningkatkan performa website di dalam mesin pencarian.

5 Tips Digital Marketing Agar Bisnis Makin Sukses

Walau efektif, SEO biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk bisa efektif. Karenanya, kita perlu untuk menggabungkannya dengan teknik konten marketing. SEO adalah mengoptimalkan situs agar ramah bagi mesin pencari. Dengan konten yang menarik, maka nantinya dua hal ini akan saling mendukung satu sama lain.

2.   Manfaatkan media sosial

Kita perlu memperlihatkan bisnis di media sosial. Perlu diingat bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna media sosial tertinggi di dunia. Karena itu, hal ini perlu dimanfaatkan. Memasarkan bisnis melalui media sosial sangat efektif. Mengingat ini akan meningkatkan angka konversi. Bayangkan saja, saat seseorang sedang membuka media sosial, mereka bisa melihat bisnis kita, dan langsung mendatangi bahkan bertransaksi dengan bisnis.

Baca juga : Program Profesi Digital Marketing

3. Optimasi website untuk mobile

Kini semua orang mengakses Internet lewat smartphone atau mobile. Karenanya, kita perlu mengoptimasi tampilan website bisnis untuk mobile. Tampilan website bisnis kita harus mobile friendly. Dalam artian, situsnya mudah diakses dari mobile, tampilannya nyaman dilihat dan dibaca dari mobile, dan juga semua fungsi dalam website berfungsi dengan baik di mobile. Walau begitu, kita juga harus tetap mengoptimasi tampilan website di desktop. Tampilan melalui desktop biasanya juga akan berpengaruh mengingat banyak orang melakukan transaksi melalui desktop juga, walau tidak sebanyak mobile.

4.   Desain keren

Desain dari dulu merupakan sebuah elemen penting dalam pemasaran. Bahkan dalam dunia pemasaran offline pun, desain sudah memegang peran kunci. Lihat saja desain selebaran atau pamflet. Yang menarik lah yang akan mendapatkan banyak pelanggan. Sama halnya dengan pemasaran digital. Kita perlu membuat desain yang keren dan menarik untuk memasarkan produk dan bisnis kita. Sehingga banyak orang yang akan mendapatkan informasi dan gambaran jelas tentang bisnis yang kita miliki.

5.   Review analytics

5 Tips Digital Marketing Agar Bisnis Makin Sukses

Hal terakhir yang perlu kita lakukan dalam pemasaran digital marketing adalah melihat matriks analytics dari performa digital marketing. Kita perlu melihat apakah strategi digital marketing yang kita gunakan sudah optimal. Jika belum di mana kita harus mengoptimalkan strategi digital marketing. Dari sana kita juga bisa melihat siapa target pasar kita, siapa yang menyukai bisnis kita, dan bagaimana cara membuat konten untuk mereka. Sehingga ke depannya strategi digital marketing yang dilakukan akan lebih matang lagi.

Share