5 Cara Hapus File di Aplikasi WhatsApp agar Memori Tidak Penuh

Aplikasi WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chat terpopuler saat ini dan pakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa pulsa, karena Aplikasi WhatsApp menggunakan paket data internet. Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi internet 3G, 4G bahkan WiFi untuk komunikasi data. Setiap hari pengguna bertukar pesan di Aplikasi WhatsApp dalam bentuk teks, video, rekaman suara, GIF, stiker, lokasi, dokumen, dan lainnya.

Dengan bertukar pesan ini tentunya makan banyak memori di smartphone. Untungnya, Aplikasi WhatsApp menawarkan kepada pengguna 5 (lima) teknik mudah yang bisa dicoba untuk menghapus file di media dan pesan.

Tidak hanya dari memori aplikasi, tapi juga dari memori ponsel. Ini dapat membantu mengosongkan banyak ruang pada ponsel, khususnya jika pengguna kehabisan memori ponsel.

Berikut cara menghapus file di Aplikasi WhatsApp agar memori smartphone tidak penuh, dilansir dari Detik.

1. Menghapus data foto, GIF, video WhatsApp secara umum

Buka Photos > pilih Albums. Cari folder WhatsApp Images, WhatsApp Video, WhatsApp Animated Gifs, WhatsAp Documents.

Dari masing-masing folder, kasih tanda centang file yang mau kamu buang, lalu klik Delete.

2. Menghapus data dari chat tertentu

Ternyata, ada lho orang atau grup WhatsApp tertentu yang bikin memori HP kamu cepat penuh. Kamu bisa menghapus data khusus dari kiriman orang atau grup tersebut.

Caranya klik Setting > Storage and Data > Manage Storage. Nah di sana langsung kelihatan tuh siapa yang chatnya paling bikin memori kamu penuh. Pilih Chat > centang file yang mau dihapus > klik Delete.

3. Menghapus data yang paling makan memori

Kalau kamu fokus menghapus data yang paling banyak makan tempat, siapapun pengirimnya, ada lagi caranya. Klik Setting > Storage and Data > Manage Storage. Cek Review and Delete Items

Ada folder data yang lebih besar dari 5MB atau folder data Forwarded Many Times. Masuk ke masing-masing folder centang file yang mau dihapus > klik Delete.

4. Menghemat penggunaan data

Cara menghemat memori adalah mengubah fitur auto-download. Caranya klik Setting > Storage and Data > Media Auto-Download > pilih WiFi Only.

5. Pantau penggunaan data

Sebagai tindak pencegahan biar tidak kaget kalau memori penuh, kamu bisa memantau perkembangan penggunaan data seiring waktu berjalan.

Sehingga, kalau ada lonjakan data yang diunduh dan berdampak pada penuhnya memori, kamu bisa pantau jauh-jauh hari.

Caranya klik Setting > Storage and Data > Network Usage. Di sana kita bisa lihat sudah seberapa banyak mengonsumsi data.

Share