21 Distro Linux Terbaik

21 Distro Linux Terbaik

Nurul Fikri Komputer – Sistem operasi Linux dikenal sebagai sistem operasi yang paling unik diantara sitem operasi lainnya, mudah dikembangkan dan disesuaikan. Sistem operasi Linux merupakan bagian tiga serangkai bersama platform windows dan MacOS. Hingga kita dapat kelompokan menjadi 21 Distro Linux terbaik walaupun memang kesan terbaik di sini terbilang relatif.

Kelebihan Linux dibandingkan dengan Windows atau MacOS yaitu sistem operasi ini berbasis open source dan Linux Core serta berbagai distro yang tersedia sepenuhnya gratis.

Distro Linux juga dapat di install pada Chromebook, perangkan dekstop, atau Mac. Kita pun dapat menggunakan mode dual boot yaitu menggunakan 2 sistem operasi pada satu perangkat. Karena banyaknya komunitas dan variasi distro, dari banyaknya distro Linux kita dapat memilih 21 distro linux terbaik sesuai dengan kebutuhan.

21 distro linux terbaik sesuai dengan kebutuhan tersebut dapat di kelompokan menjadi:

Distro Linux Terpopuler

Kata populer pada Linux ini terkesan realatif karena terkadang ada Distro Linux yang baik pada salah satu PC dan tidak berjalan dengan baik pada PC yang lainnya. Disamping pengguna Linux professional banyak juga pengguna baru yang ingin menggunakan linux, berikut adalh yang termasuk Linux yang banyak dicari dan popular:

MX Linux

Distro Linux kelas menengah ini sangat mudah dikonfigurasi dan memberikan user peforma yang dapat diandalkan, mudah dikembangkan dan digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.

MX Linux merupakan distro open source yang dibangun menggunakan antiX dan MEPIS. Keduanya merupakan distro berbasis Debian. Distro ini didesain untuk menyediakan sistem operasi yang elegan dan efisien untuk bekerja. Distro ini dapat bekerja di dalam PC lama dengan spesifikasi yang maksimal.

Manjaro

Manjaro merupakan sistem operasi yang dibangun menggunakan Arch Linux. Distro ini cukup menarik dan sangat cocok untuk mengganti MacOS atau Windows.

Manjaro tersedia untuk arsitektur 64-bit di KDE, XFCE, dan Gnome sementara komunitas mengelola dan memaksimalkan 32-bit dan arsitektur ARM.

Seluruh edisi Manjaro menggunakan base yang sama, tapi mereka menawarkan pengalaman yang lebih unik melalui desktop environment.

Mint

Linux Mint adalah Distro yang banyak disukai oleh komunitas pengguna Linux karena mudah diakses dan sederhana dengan 3 tampilan yaitu tampilan MATE, Cinnamon, dan Xfce yang semuanya menawarkan fitur yang cukup powerful, stabil, andal, serta user experience yang cukup inovatif.

Linux Mint juga menarik karena menyediakn fitur yang cukup menarik dengan user interface dengan transisi yang cukup lembut, Distro ini merupakan produk dari kumpulan coder Ubuntu.

Distro Linux Ringan

Bagi User yang masih sayang dengan hardware lama dan ingin menginstall linux tetapi takut tidak kompaitbel dengan perangkat, maka berikut adalah perangkat linux terbaik untuk komputer lama yaitu Distro Linux yang ringan dan hanya mebutuhkan RAM 46 MB (direkomendasikan 64 MB) dan CPU setingkat Pentium 2.

Tiny Core

Kebutuhan hardware minimal untuk Tiny Core Linux adalah RAM :  46 MB (recommended 64 MB) dan CPU : Pentium

Distro ini menyuguhkan tampilan yang minimalis dan beberapa aplikasi yang sudah terinstall proses booting cukup cepat dibandingkan dengan sistem operasi lain. Distro yang kecil ini menggunakan FLTK/FKWM dan desktop BusyBox secara default. Ada tiga varian distro Linux ini, yaitu Tiny Core, yaitu Core, Tiny Core, dan CorePlus

Puppy Linux

Kebutuhan hardware minimal untuk menggunakan Puppy Linux:

  • RAM:  64MB (recommended 256 MB)
  • CPU: 333MHz

Puppy Linux menggunakan JVM dan OpenBox windows manager secara default sehingga membuatnya cukup cepat di dalam penggunaan resource. Dikarenakan Puppy Linux dibangun supaya dapat bekerja dengan cepat, distro ini tidak terpasang langsung dengan bundel aplikasi. Meskipun begitu, instalasi awal menyediakan aplikasi dasar. Terkadang pengguna Puppy Linux menggunakannya untuk membantu proses recovery OS yang bermasalah.

Sparky Linux

Spesifikasi minimal untuk menggunakan Sparky:

  • RAM: 256 MB of RAM for LXDE, e17, Openbox, GameOver and 384MB RAM for MATE, LXQt
  • CPU: i486/amd64
  • Disk space: 5 GB of drive space

Linux yang paling kecil diantara linux yang lain ini selain mengincar pasar komputer lama dia juga mengincar pasar komputer baru, karena itu Sparky Linux mengeluarkan 2 versi, yaitu versi ringan (base edition) untuk perangkat lama dan versi lengkap (full edition) )untuk perangkat modern.

Distro untuk pemula

Ubuntu

Ubuntu merupakan distro Linux yang sangat populer. Distro ini pula yang paling pas Anda gunakan untuk memulai belajar sistem operasi Linux.

Ubuntu menawarkan proses instalasi yang cukup mudah. Instruksi instalasinya mempunyai beberapa panduan bahasa dengan tampilan sederhana. Anda pun dapat mencoba distro ini tanpa harus memasangnya ke dalam perangkat, yaitu menggunakan USB stick.

Baca juga: Perbedaan Linux Mint dan Ubuntu

Linux Mint Cinnamon

Di pencarian DistroWatch, sebelum munculnya MX Linux, Linux Mint merupakan Linux yang paling populer dibandingkan dengan distro lainnya dan ‘fans base’ distro ini terbilang cukup konsisten. Tampilannya elegan dan anggun tanpa mengesampingkan tingkat pemrosesan yang andal. Distro ini merupakan pengembangan dari kode program dasar Ubuntu. Linux Mint menggunakan repository yang sama dengan Ubuntu.

Zorin OS

Zorin OS merupakan distro yang terbuat dari kode program Ubuntu. Tampilan distro ini disusun sedemikian rupa sehingga menjadi alternatif yang pas untuk menggantikan Windows. Meskipun Zorin mempunyai keunggulan berupa tampilan yang sudah didesain mirip dengan Windows, distro ini juga tidak mengesampingkan faktor teknologi. Contohnya ketika membahas mengenai package manager.

Distro Linux Terbaik Untuk Gaming

Meskipun hampir semua Linux mendukung untuk menjalankan games, tapi ada beberapa distro Linux yang didesain khusus untuk bermain games. Beberapa distro ini dimaksimalkan untuk menjalankan games.

Steam OS

Steam OS merupakan distro untuk games yang cukup populer dibandingkan dengan distro games lainnya. Distro ini dikembangkan oleh Valve Corp –creator dari Steam. Jadi distro ini memang didesain untuk dapat menjalankan beberapa games yang ada di aplikasi Steam. Sedangkan untuk kebutuhan hardware, Steam OS membutuhkan hardware yang cukup tinggi seperti prosesor Intel atau AMD 64-bit, RAM 4GB atau lebih, penyimpanan 200GB atau lebih, video card NVIDIA/AMD (RADEON 8500 dan setelahnya) atau Intel, dan UEFI Firmware. Dengan kelebihan:

  • User interface yang fleksibel.
  • Mendukung berbagai macam graphics card.
  • Kompatibel dengan berbagai tipe Joystick/gamepads.
  • Mempunyai koleksi games yang cukup banyak.
Linux Console

Linux Console merupakan distro Linux yang cukup ringan untuk bermain game console dan server untuk bermain game. Distro ini mendukung beberapa games yang cukup menarik seperti Hedgewars dan Pinball. Linux Console mempunyai beberapa kelebihan, seperti tampilan dan isi aplikasi yang cocok untuk anak-anak dan masih terus dikembangkan. Selain itu, distro ini juga mendukung beberapa program untuk mengolah data, aplikasi desain, emulator, dan masih banyak lainnya. Sayangnya,  distro ini tidak cocok untuk memainkan game berat. Jika ingin memainkan game berat tidak direkomendasikan untuk linux ini.

Batocera linux

Batocera.linux merupakan distro Linux yang cukup mengesankan untuk bermain game retro. Anda dapat bermain game retro yang berasal dari Atari, Super Nitendo, Dreamcast, dan beberapa GameBoyAdvance serta masih banyak lainnya. Ada beberapa kelebihan dari distro ini:

  • Mendukung grafis Nvidia, tapi kita harus mengaktifkannya dengan mengikuti panduan yang berada di forum online.
  • Tidak membutuhkan modifikasi hard disk.
  • Mendukung Raspberry dan Odroids

Kemudian untuk kekurangannya sendiri, distro ini hanya dapat digunakan untuk bermain game retro saja.

Distro Linux Terbaik Untuk Server

Ada beberapa distro Linux terbaik yang khusus untuk membangun sebuah server. Memilih distro yang tepat, Anda bisa memaksimalkan kualitas server.

CentOS

CentOS merupakan distro open source yang berkembang dari komunitas penggiat Linux yang mengagumi OS Red Hat. Distro ini merupakan turunan atau versi lain dari distro berbayar OS Red Hat Enterprise Linux.

Anda dapat membuang paket yang tidak diperlukan dengan menginstall minimal ISO dari Website CentOS, yang mana dengan 906MB Anda dapat menampungnya di 90 menit CD-R.

Ketika Anda mencoba menggunakan distro ini, terdapat Docker images yang langsung dapat Anda konfigurasi langsung di dalamnya.

Fedora Server

Fedora merupakan distro Linux pengembangan dari Red Hat. Linux ini memungkinkan Anda untuk mengembangkan dan mengelola server menggunakan tool Rolekit. Sistem operasi ini juga didukung dengan PostgreSQL Database Server.

File Fedora Server berukuran sekitar 2,7 GB dan Anda juga dapat mengunduh Netinstall Image yang berukuran 385MB.

Ubuntu Server

Versi Ubuntu Server yang Long Time Support (LTS), sama seperti versi Ubuntu Desktop. Versi LTS mendukung sampai dengan lima tahun setelah rilis –waktu yang cukup panjang.

Sangat direkomendasikan bagi pengguna m\baru yang ingin menggunakan linux pada server dengan menggunakan Linux ini.

Distro Linux Terbaik Untuk Hacking dan Forensik

Kali Linux

Kali Linux saat ini terkenal sebagai ethical hacking dan penetration testing yang paling populer. Distro ini dikembangkan oleh Offensive Security mengambil beberapa komponen inti dari Backtrack. Kali Linux merupakan pengembangan dari distro Debian. Di dalam distro ini terdapat sebagian besar penetration testing untuk keamanan dan forensik. Dengan menerapkan model rolling release, setiap tool yang ada di distro ini selalu dalam keadaan up-to-date.

Backbox

BackBox merupakan pengembangan dari distro Ubuntu yang bertujuan untuk melakukan penetration testing dan pengujian keamanan suatu sistem. Distro ini merupakan satu di antara beberapa distro populer lain di bidangnya. Distro ini didesain dengan cukup minimalis menggunakan Desktop Environment (DE) XFCE. BackBox cukup cepat, efektif, dan mudah dikustomisasi. Selain itu, juga mempunyai fitur yang cukup lengkap dengan bantuan beberapa komunitas  aktif yang tersebar di internet.

Parrot Security OS

Target dari penggunaan Parrot Security adalah pengguna yang ingin menggunakan  sistem penetration testing dengan environment yang nyaman dan anonimitas online serta sistem yang terenkripsi.

Distro Linux untuk anak

Linux merupakan sistem operasi yang sangat fleksibel. Anda dapat mengembangkan dari berbagai macam distro, bahkan membuat distro versi Anda sendiri. Hal inilah yang menjadi kelebihan Linux yang menurut saya belum dapat disaingi oleh sistem operasi lain.

Edubuntu

Edubuntu merupakan distro versi pendidikan dari Ubuntu. Canonical mengembangkan distro versi pendidikan yang mudah digunakan oleh anak-anak. Mereka mengembankan distro ini supaya dapat dengan mudah mengajarkan teknologi kepada anak-anak di sekolah dan khususnya di rumah. Edubuntu sangat mudah diajarkan dan dipelajari.

Sugar On A Stick-SOAS

Sugar merupakan salah satu Linux yang terbaik untuk anak. Distro Linux berasal dari pengembangan Fedora. Fakta yang paling menarik adalah Anda dapat menggunakan distro ini sebagai desktop environment di pc dan juga dapat mengunduhnya untuk dipasang di USB.

Debian Edu / Skolelinux

DebianEdu dan Skolelinux merupakan dua sistem operasi yang berbeda yang dikembankan untuk anak. Kedua distro tersebut berasal dari pengembangan Debian. Pengembangan distro ini memang untuk sekolah sehingga guru atau pengajar dapat mengajari murid-muridnya dengan mudah.

Penutup

Jadi, untuk mempelajari Linux kita dapat memilih Linux sesuai kebutuhan atau ketertarikan kita terhadap Linux tersebut. Nurul Fikri Computer sebagai lembaga kursus komputer dan pemrograman di Depok juga memiliki kelas untuk belajar berbagi macam Linux.