10 Aplikasi Text Editor Terbaik untuk Pemrograman

NF COMPUTER – Text editor adalah aplikasi yang dibuat khusus untuk memanipulasi teks dalam beberapa format jenis file. Dan sementara mereka semua memiliki fungsi dasar yang sama, tidak semua text editor ternyata dibuat sama – beberapa hanya untuk mengedit teks dan menampilkan perintah pengeditan dasar sementara yang lain sangat canggih sehingga tidak perlu banyak mengubahnya menjadi lingkungan untuk tingkat lanjut kode program (source code) sehingga menjadi aplikasi ataupun website.

Bagi Anda pengguna Windows mungkin pernah membuka aplikasi Notepad. Aplikasi tersebut merupakan salah satu contoh dari text editor yang sering digunakan sekarang ini terutama bagi pengguna sistem operasi Windows.

Ada banyak sekali pilihan text editor. Mulai dari text editor dengan fitur yang sederhana sampai dengan text editor dengan fitur yang sangat lengkap dengan berbagai plugin tambahan yang tersedia. Namun, Anda tidak bisa memilih text editor berdasarkan fitur saja. 

Ada banyak sekali alternatif text editor. Mulai dari text editor dengan fitur yang simpel hingga dengan text editor dengan fitur yang benar-benar komplit dengan beragam plugin tambahan yang tersedia.

Baca Juga:

Setidaknya ada tiga unsur yang perlu Anda perhatikan saat memilih text editor seperti keperluan fitur, spesifikasi komputer yang dipakai, dan bahasa pemrograman yang digunakan.

Jika Anda masih kebingungan untuk memutuskan text editor yang sesuai dengan kebutuhan. Di bawah, kami menghadirkan jajaran text editor terbaik saat ini.

1. Notepad++

2. Sublime Text

Sublime Text 3.0 - News - Sublime HQ

3. Visual Code Studio

4. Komodo Edit

Komodo Edit

5. Atom

6. BlueFish

Bluefish (text editor).png

7. Vim

Vim-(logiciel)-console.png

8. Emacs

9. Geany

Main screen

10. Brackets

Screenshot of Brackets

Share