Perintah Dasar Linux Lengkap dan Fungsinya

Perintah Dasar Linux Lengkap dan Fungsinya – Command line interface merupakan sebuah antar muka dengan basis teks yang mengizinkan pengguna untuk melakukan interaksi dengan sistem lewat baris-baris perintah atau yang lebih dikenal dengan command line.

Sebagai pengguna Linux, Anda harus terbiasa dengan commad line interface ini. Dengan command line Anda mendapatkan akses lebih untuk melakukan perubahan pada sistem yang digunakan.

linux-penguin-crt

Terlebih Linux sendiri memberikan pengguna keleluasaan untuk melakukan control pada sistem yang akan digunakan. Anda bisa dengan leluasa mengubah sistem sesuai dengan yang Anda inginkan.

Ada banyak sekali perintah yang terdapat pada Linux. Akan tetapi sebelum menguasai perintah-perintah yang terbilang rumit, akan lebih baik menguasai sejumlah perintah dasar terlebih dahulu. Perintah-perintah ini merupakan perintah yang dengan muda Anda jumpai sebagai seorang pengguna Linux.

pwd, berfungsi untuk melihat pada direktori mana Anda tengah berada saat itu.

man, merupakan perintah yang berfungsi menampilkan halaman manual ataupun dokumentasi dari sebuah perintah. Dengan menggunakan perintah man, Anda bisa melihat panduan atau fungsi dari sebuah perintah.

ls, berfungsi untuk menampilan isi dari sebuah folder dengan memanfaatkan command line interface. Saat tengah berada di sebuah folder atau direktori tertentu, Anda dapat melihat isi dari folder atau direktori tersebut dengan perintah ini.

whoami, berfungsi untuk melihat nama dari user yang tengah Anda gunakan saat ini.

cd, merupakan singkatan dari change directory. Perintah yang satu ini memiliki fungsi untuk berpindah dari direktori di mana Anda berada saat ini. Anda nantinya bisa keluar dari sebuah folder ataupun masuk ke dalam folder tertentu menggunakan perintah ini.

mkdir, berfungsi untuk membuat sebuah folder atau sebuah direktori baru. Caranya adalah dengan menggunakan command line interface.

touch, memiliki fungsi untuk membuat sebuah file baru dengan menggunakan command line interface. Perintah yang satu ini memungkinkan Anda untuk membuat file dengan ekstensi apa saja.

rm, memiliki fungsi untuk menghapus sebuah file dengan menggunakan command line interface. Di dalam penggunaannya, dengan menggunakan para meter tertentu. rm pun bisa digunakan untuk menghapus sebuah folder yang tidak kosong, alias punya isi di dalamnya.

rmdir, ampir mirip dengan perintah rm, perintah rmdir memiliki fungsi untuk menghapus sebuah folder yang sudah kosong.

mv, memiliki fungsi untuk memindahkan sebuah file dengan menggunakan command line. Dalam penggunaannya, Anda pun bisa menggunakan perintah ini untuk mengubah nama sebuah file.

cp, merupakan perintah yang memiliki fungsi untuk mengcopy sebuah file dengan lewat command line interface.

cat, memiliki fungsi ntuk menampilkan isi dari sebuah file dengan cara mencetaknya sebagai output dari perintah tersebut.

find, memiliki fungsi untuk mencari sebuah file atau pun sebuah folder dengan menggunakan terminal atau command line interface.

Locate, tak hanya menggunakan find, Anda juga bisa melakukan pencarian lewat command line interface menggunakan perintah locate. Namun ada perbedaan di antara keduanya, perintah locate melakukan pencarian dengan cara mencocokan nama file dari data base yang ada.

kill, memiliki fungsi untuk menghentikan sebuah proses yang tengah berjalan. Anda bisa menghentikan sebuah proses dengan menggunakan perintah sesuai pid dari proses tersebut.

bg, perintah bg ini memiliki fungsi untuk mengirim proses ke latar belakang (background). Proses tetap berjalan meski tidak ditampilkan.

Itulah contoh kecil dari sejumlah perintah dasar Linuxyang harus kamu kuasai. Di luar sana, masih banyak perintah dasar lainnya yang harus kamu kuasai. Semoga bermanfaat.

 


Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di:
Training Center – Kampus NF, Jl. Lenteng Agung Raya No. 20-21
Srengseng Sawah – Jagakarsa, Jakarta Selatan 12640
Tel. 021-7874223, 7874224
WA. 081296421595
Official website >> www.nurulfikri.com
registrasi kontak