Python System Administration

Deskripsi:

Python for System Administration adalah bahasa pemrograman interpreter yang dapat digunakan untuk mengembangkan atau membuat program atau aplikasi, mulai dari program atau aplikasi untuk sistem komputer, jaringan komputer sampai pada aplikasi sistem informasi berbasis web. Python memiliki struktur bahasa yang sangat sederhana, mudah digunakan dan banyak memiliki dukungan pustaka (libraries) yang memperkaya dan mempertangguh python sebagai bahasa pemrogram yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang bebas dan terbuka (free and open source software) dikembangkan oleh Guido van Rossum. Python kini telah menjadi bahasa pemrograman yang powerfull, dapat berjalan pada berbagai platform sistem operasi. Bahkan sebagian besar distribusi linux menjadikan python sebagai standar bahasa pengembangan program atau aplikasi yang disertakan langsung pada berbagai distribusi linux.

Seorang pengelola (sysadmin) sistem unix atau linux umumnya memerlukan keterampilan pemrograman, karena seringkali dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang system administrator berhadapan dengan kondisi atau situasi yang mengharuskan seorang sysadmin membuat atau mengembangkan sendiri tool atau program untuk membantu dan mengotomasi pekerjaan atau tugasnya sehari hari. Dan dikarenakan umunya sistem unix atau linux telah dilengkapi secara default dengan python interpreter maka sebagian besar mereka para sysadmin mengunakan python sebagai bahasa untuk membangun atau membuat tool atau program yang dibutuhkannya.

Pelatihan dan pendidikan python for system administration ini diselenggrakan untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan praktis dan nyata bagi para sistem administrator atau juga network administrator dalam membantu memudahkan, mengoptimalkan dan mengotomasi pekerjaan atau tugas tugas mereka dalam aktifitas sehari hari. Peserta akan diberikan materi terkait pemrograman python untuk sistem dan jaringan.

Prasyarat:

  • Python Fundamental
  • Linux Basic (Fundamental)

Tujuan:

Setelah mengikuti pelatihan ini para peserta diharapakan :

  • Mampu mengembangkan program atau aplikasi menggunakan python dalam membantu dan mempermudah tugas atau pekerjaan sistem administrator atau network administrator
  • Mampu menggunakan berbagai pustaka (library) penting pada program atau aplikasi python yang dibuat sendiri

Durasi: 40 Jam

Pokok bahasan:

  1. Reguler Expression
  2. Python Modules (psutil, ElementTree, StringIO)
  3. Log parsing
  4. Dokumentasi dan Reporting
  5. Network client modules (socket, httplib, ftplib,dns, urllib, urllib2, BeautifulSoup)
  6. RPC (zerorpc, xml-rpc)
  7. Python SSH module (paramiko)
  8. Twisted
  9. Scapy
  10. Module OS untuk Berinterkasi dengan data
  11. SNMP (Simple Network Management Protocol)
  12. Proses dan concurrency
  13. Data persisten
  14. Command line

========

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di:
Training Center – Kampus NF,
Jl. Lenteng Agung Raya No. 20-21
Srengseng Sawah – Jagakarsa
Jakarta Selatan 12640
Tel. 021-7874223, 7874224
WA. 0851.0218.5441 ; 081296421595
www.nurulfikri.com
registrasi kontak