Training PHP Framework CodeIgniter

Training PHP Framework CodeIgniter – LIPI atau lembaga ilmu pengetahuan indonesia adalah salah satu lembaga pemerintahan yang berfungsi untuk melalukan penelitian terkait berbagai bidang teknologi khususnya biologi menjalin kerjasama dengan NF COMPUTER melaksanakan pelatihan pemrograman PHP dengan menggunakan Framework CodeIgniter. Paltihan dilaksanakan di gedung pusdiklat LIPI Bogor. Pelaksanakan pelatihan selama 4 hari dengan durasi 7 (tujuh) jam per hari atau dari tanggal 30 April s.d tgl 2 – 4 Mei 2018. Jumlah peserta pelatihan sebanyak 10 orang yang backgroudnya adalah programmer PHP (aplikasi berbasis web).

Training PHP Framework CodeIgniter

Perkembangan aplikasi berbasis web agar mudah untuk dilakukan maintenace dan dari segi keamanan lebih secure maka seorang developer harus menggunakan framework. Banyak pilihan framework dengan bahasa pemrograman PHP dan yang paling banyak digunakan di instansi pemerintah adalah CodeIgniter atau lebih familiar dengan sebutan CI. Agar semua aplikasi bisa saling terhubung maka aplikasi yang dibuat oleh masing-masing lembaga harus menggunakan bahasa dan framework yang sama. Dalam rangka itu maka pembekalan untuk para programmer berbasis web denga  framework CI sangat diperlukan.

Training PHP Framework CodeIgniter

Apa fungsi dari penggunaan framework dalam pembuatan aplikasi? Paling tidak ada 3 fungsi yang bisa menjadi alasan yaitu:

  1. Mempermudah dan mempercepat dalam pembuatan website
  2. Menghasilkan struktur pemrograman yang sangat rapi, baik dari segi kode maupun struktur file phpnya.
  3. Memberikan standar coding sehingga memudahkan kita atau orang lain untuk mempelajari kembali system aplikasi yang dibangun.

Kenapa menggunakan Framework CI? Ada beberapa kelebihan framework CI yaitu:

  1. Ukurab file yang sangat kecil yaitu sekitar 2 MB dan sudah termasuk lengkap dengan dokumentasinya.
  2. Dokumentasi yang sanga bagus, telah disertakan dengan dokumentasi yang berisi pengantar, tutorial, bagaimana panduan penggunaan, serta referensi dokumentasi untuk komponen-komponennya.
  3. Kesesuaian (kompability) dengan hosting dan mendukung dengan database web yang populer yaoitu MySQL.
  4. CodeIgniter saat ini merupakan frameowrk yang apling cepat karena kinerja yang baik.
  5. Memberikan kemudahan dalam integrasi dengan library-library yang tersedia saat ini.
  6. Mudah dipelajari. Disamping dokementasi yang lengkap, ia juga memiliki berbagai forum diskusi.

Testimony


…. saya merasa puas, saya menjadi mengerti tentang CI dari dasarnya. Lalu harapan saya, saya bisa mengikuti pelatihan lagi untuk CI ataupun YII dengan tingkat yang Advance agar saya bisa lebih menguasai. … NF COMPUTER Sukses Selalu…

Yuniariska KartikaM