Training Linux Complete


Training Linux Complete untuk Institusi Bisnis Sosial Program open source dibutuhkan oleh banyak pihak untuk mengembangkan kapasitas lembaga. Bukan hanya instansi pemerintah, namun juga lembaga nonpemerintah sangat memerlukan dukungan sistem informasi dengan sumber terbuka.

Hal itu terlihat dalam pelatihan Linux Complete yang dilaksanakan NF COMPUTER untuk Putera Sampoerna Foundation. Pelatihan berlangsung selama empat kali pertemuan sejak 12-27 Agustus 2014 lalu. Acara dilaksanakan di Sampoerna Strategic Square North Tower, Jalan Jendral Sudirman, Jakarta.

Putera Sampoerna Foundation yang berdiri 2001 tecatat sebagai institusi bisnis sosial pertama di Indonesia yang mengusung visi menciptakan pemimpin dan pelaku wirausaha berkaliber masa depan Indonesia yang berkualitas, bermoral, dan mampu menghadapi tantangan global. Empat pilar programnya ialah: pendidikan berkualitas bagi masyarakat prasejahtera, membangun kemampuan dan ekosistem wirausaha demi pertumbuhan ekonomi, pemberdayaan wanita, dan menyediakan bantuan kasih.

Pelatihan Linux diikuti 7 orang peserta. “Setelah mengikuti training ini, peserta diharapkan memiliki kemampuan melakukan instalasi linux untuk keperluan server dan mampu melakukan administrasi sistem dan jaringan komputer yang berbasis server Linux” ujar Dudi Fitriahadi, tenaga pengajar NF COMPUTER yang mengantongi sertifikat Linux bertaraf internasional dari LPI Canada.

Selain itu, pelatihan yang berdurasi 32 jam menargetkan peserta dapat mengerti dan memahami proses boot di Linux, mampu mengelola user dan group, serta menginstal dan meng-uninstal software baik rpm maupun tarball.

Target lain adalah mengkonfigurasi berbagai aplikasi server di Linux seperti bind untuk DNS server, apache untuk web server, postfix dan dovecot untuk email server, samba untuk file sharing dan PDC, serta squid untuk web proxy..

Para peserta tampak antusias dan puas dengan program yang disajikan karena benar-benar paket pelatihan komplit. Itu salah satu kontribusi NF COMPUTER untuk mendukung lembaga sosial mencapai visi globalnya.

Dudi Fitriahadi
Pengajar
NF Computer