Karyawan NF COMPUTER Berlatih Optimasi Website

Karyawan NF COMPUTER Berlatih Optimasi Website Guna meningkatkan kinerja pemasaran NF COMPUTER dan unit-unit bisnis di bawahnya pada era digital, Bagian SDM NF COMPUTER melakukan terobosan Pelatihan SEO. Pelatihan optimasi Web dengan metode SEO diselengarakan pada Senin (16/3) dengan trainer Muslimin, salah seorang pengajar SEO di NF Computer NF COMPUTER.

Peserta yang ikut cukup banyak, 17 orang, terdiri dari perwakilan PPSDMS, staf NF Computer, DPS dan staf NF COM[UTER. Bahkan, pimpinan Satker di NF COMPUTER juga tampak hadir. “Setelah mengikuti pelatihan, para peserta diharapkan mampu menerapkan teknik SEO guna meningkatkan penjualan di masing-masing unit,” ujar Muslimin.

Pelatihan dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama, trainer menyampaikan konsep dasar SEO, dan teknik dasar SEO yang akan digunakan. Dengan mayoritas peserta masih newbie, maka hujan pertanyaanpun tidak bisa terelakan. Satu persatu pertanyaan dari peserta dijawab oleh trainer. Sebelum istirahat para peserta mencoba membuat blog dummy, kemudian mengisinya dengan artikel dan melakukan indexing ke mesin pencari Google. Beberapa peserta yang berhasil melakukan index artikel ke mesin pencari google begitu senang. Mereka merasa senang karena tulisannya sudah bisa dicari di mesin Google dalam waktu hitungan menit.

Setelah istirahat, pelatihan berlanjut dengan teknik optimasi web agar bisa berada di posisi halaman pertama. Beberapa teknik diberikan trainer dan langsung diminta mencoba teknik tersebut. Memang hasilnya tidak bisa dilihat langsung, namun sejumlah peserta tampak sudah bisa submit.

Satu persatu teknik SEO dipraktekan peserta dalam membangun link building. “Link building berfungsi sebagai backlink website utama. Semakin banyak backlink yang dibuat, maka akan semakin cepat web utama menuju halaman satu,” jelas Muslimin. Dengan berada di posisi halaman satu, maka peluang terjadinya kunjungan sangat besar. Dari kunjungan itulah diharapkan terjadinya transaksi.

Sebelum berakhirnya pelatihan, trainer menyampaikan kepada para peserta bahwa kata kunci belajar SEO adalah action, atau praktek langsung. Dengan praktek maka akan semakin paham dan terbiasa. Tanpa praktek, pelatihan yang diikuti akan sia-sia. Untuk itu trainer mengharapkan masing-masing unit bisnis segera menyusun langkah-langkah dan membentuk tim guna mempraktekan materi pelatihan SEO. Semoga masing-masing unit mampu menempatkan produknya di halaman satu dengan keyword yang sudah di riset sebelumnya. (Mus)

Share