Inhouse Training Ms. Excel Advanced untuk pegawai Bank Indonesia Tegal

Inhouse Training Ms. Excel Advanced untuk pegawai Bank Indonesia Tegal – Bank Indonesia cabang Tegal dibuka resmi pada tanggal 15 Oktober 2008 yang beralamat di Jl. Dr. Sutomo No. 55 Tegal. Kantor Bank Indonesia (KBI) Tegal membawahi wilayah kerja yang mencakup 7 kabupaten/kota yaitu Kabupaten Tegal, Kotamadya Tegal, Kabupaten Batang, Kabupaten Brebes, Kabupaten Pekalongan, Kotamadya Pekalongan dan Kabupaten Pemalang. keberadaan KBI Tegal diharapkan dapat menjadi mitra penting bagi Pemerintah Daerah dalam memberikan informasi mengenai kondisi perekonomian secara lebih detail beserta sektor-sektor ekonomi potensial yang patut mendapat perhatian dan perlu lebih dikembangkan.

Karena fungsi dan tugas diatas maka data-data keuangan harus bisa diolah dan disajikan dengan cepat dan mudah untuk dilaporkan dan dipahami sehingga dapat diambil kebijakan yang tepat. Aplikasi spreadsheet yang paling populer dalam pengolahana angka adalah Ms Excel. Demi menunjang kinerja SDM KBI Tegal maka diadakan kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi dalam mengoperasikan aplikasi Ms Excel.

Bertempat di Sweat Hotel Belitung denga EO Richi Convensindo, NF COMPUTER pada tanggal 29 September 2018 dilaksanakan kegiatan Diklat dengan peserta seebanyak 50 orang. Sebagai narasumber utama adalah Bpk Sugandi, S.Kom dengan Asisten Bapak Yatno, SE. Diklat dilaksankan dari jam 08:00 – sampai jam 17:00 WIB. Walaupun acara sudah selesai karena waktu peserta masih semangat dalam menanyakan fungsi-fungsi tools yang ada di dalam Ms Excel. Salah satu fungsi yang paling banyak dipakai adalah bagaimana merubah angka dalam spreadsheet menjadi teks. Kasus ini biasa digunakan dalam pembuatan kwitansi. Untuk menyelesaikan kasus tersebut maka perlu dibuatkan perintah pemrograman di Ms Excel dan lebih dikenal dengan nama Macro.

Secara garis besar materi training adalah sebagai berikut:

  • Menentukan format data.
  • Mengatur tampilan tabel dan halaman.
  • Menggunakan berbagai rumus untuk menghitung data.
  • Mengolah basis data sederhana (filter, sort, data validation, subtotal, pivot, what if analysis).
  • Pembuatan grafik data.
  • Pengolahan, analisa hasil perhitungan dan Teknik pembuatan laporan yang lebih efektif dan efisien (Logical Function, String, Spreadsheet, Marco/ Ampersan, Transpose, Conditional Formatting, Import & Export Data, CSV, Txt, PDF to SpreadSheet, Text to Columns, Chart & Pivot Table, Data Validation, Time Function, Countif, Sumif, Set Print Area – Row/Columns to Repeat at Top, Header & Footer, Page Number, Scalling Mode, Page Order)