Training E-Personal dan Ms Excel untuk Analisis Data – Ditjen GTK Kemendikbud

E-Personal dan Ms Excel untuk Analisis Data – Kegiatan ICT ke-2 ditahun 2018 dari Sub bagian tata usaha Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (disingkat Ditjen GTK) mengambil tema tentang fungsi Ms Excel untuk analisa data seperti pegawai yg akan pensiun dan naik level serta bagaimana mengoperasionalkan aplikasi kepegawaian dengan nama E-personal. Kegiatan mengambil lokasi di Zia Hotel Tajur-Bogor Bogor, 25 – 27 September 2018. Untuk narasumber ada 2 kelompok yaitu dari NF COMPUTER untuk materi Ms Excel dan pengembang Aplikasi E-personal. Jumlah peserta diklat ICT sebanyak 40 orang dan masing2 materi menyiapkan 4 orang asisten. Dengan banyak asisten diharapkan semua peserta bisa dilayani dengan mudah jika ada yang kurang jelas atau tertinggal materi dari yang lain.

pelatihan-epersonal_ms-excel_analisis-data

Dalam pelaksanaan penggunaan Ms Excel diawali dengan dasar-dasar format data terus fungsi logika IF dan penggabungan string serta fungsi untuk membaca tabel. Selain itu juga fungsi merubah format data text menjadi numerik (angka) untuk menampilkan tanggal maupun bulan serta tahu kapan seorang pegawai akan naik golongan dan pensiun. Dengan bimbingan narasumber NF COMPUTER yang sabar dan dibantu dengan asisten Alhamdulillah semua studi kasus terkait kepegawaian bisa terselesaikan dan para peserta terpuaskan karena selama ini mereka mengerjakan secara manual sehingga dengan rumus-rumus tersebut menjadi efektif.

Dengan aplikasi E-personal staff sub bagian TU GTK semakin mudah karena dalam aplikasi ini sudah ada fasilitas reminder via  email maupun SMS. Jika didalam Aplikasi Ms Excel maka pegawai administrasi yang bertanggungjawab langsung terkait kelengkapan data, maka dengan aplikasi E-personal staf atau SDM yang akan naik golongan yang harus aktif melampirkan dokumen pendukung. Inilah harapan yang besar dari Kepala sub bagian TU dalam membangun kesadaran team di GTK terkait kebutuhan masing-masing jika ingin proses promo golongan menjadi lebih cepat. Selain itu dalam aplikasi ini juga bisa diperoleh data terkait jumlah kehadiran dan jatah cuti dari masing-masing staff.

Akhir dari pelatihan semua peserta merasa terbantu dengan penggunaan fitur di dalam Ms Excel dan mengoperasikan aplikasi E-personal yang sudah di develop. Kepala sub bagian TU GTK ingin mengembangkan lebih lanjut aplikasi ini terkait penambahan fitur dan upgrade server. Semoga di tahun anggaran 2019 bisa terealisasikan.

Testimoni

Pelatihan yang saya ikuti adalah E-Personal Kepegawaian serta Ms. Excel untuk Analisis Data. Kesan saya setelah mengikuti pelatihan dari Nurul Fikri ini seru dan kemudian pengajarnya jelas, kami belajar konsep-konsep dasar Ms.Excel sehingga bias lebih mudah memahami penggunaannya kedepan. “Nurul Fikri Computer Bagus Banget

Ayu Novita Pramesti
Staf Direktorat Pembinaan Tenaga Pendidikan Kemendikbud.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di:
Training Center – Kampus NF,
Jl. Lenteng Agung Raya No. 20-21
Srengseng Sawah – Jagakarsa
Jakarta Selatan 12640
Tel. 021-7874223, 7874224
WA. 0851.0218.5441 ; 081296421595
www.nurulfikri.com