NF Computer

Pembaca pernah dengar Pokemon Go? Atau malah pernah mencobanya? Itu contoh aplikasi permainan berbasis Augmented Reality. Lalu seperti apa contoh aplikasi Augmented Reality untuk pendidikan?

Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality Pada kegiatan belajar mengajar tidak jarang siswa mengalami kendala dalam memahami materi pelajaran terutama sekali yang berhubungan dengan visualisasi objek-objek atau sistem kerja yang membutuhkan imajinasi yang tepat sebagai konsep dasar pemahaman yang benar dan akurat. Sebagai contoh ketika siswa harus membayangkan organ tubuh bagian dalam, sistem tata surya, skala perbandingan planet, sistem peredaran darah, dan sebagainya. Oleh karena itu penggunaan media alat bantu belajar mengajar (baca: Media Pembelajaran) menjadi penting.

Untuk itu Divisi Pendidikan Sekolah (DPS) STT Terpasu Nurul Fikri mengeluarkan produk media pembelajaran berbasis  3D (Tiga Dimensi) Augmented Reality yang diberi nama Virtual Media Content (VMC). Media pembelajaran VMC ini menyajikan objek 3D yang ditampilkan atau ditambahkan (Augmented) pada lingkungan nyata (Reality Environment). Melalui layar komputer, objek akan tampil di atas papan Paddle yang telah diprogram untuk objek tertentu.

Antara Objek satu dengan yang lain juga dapat berinteraksi sesuai tema dan karakteristik yang diinginkan oleh pembuat modul. Kelebihan lain media pembelajaran VMC ini, dengan tampilan objek 3 dimensi maka pengguna akan lebih leluasa dalam melihat objek dari berbagai sisi yang diperlukan.

Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality Dengan media VMC ini juga memungkinkan untuk mengamati pergerakan objek atau sistem (kumpulan) objek yang tersusun sebagai suatu kesatuan materi dalam bentuk animasi 3D yang bergerak. Misalnya animasi sistem tata surya yang terdiri dari beberapa objek planet, satelit, dan orbitnya, yang berotasi dan berevolusi. Contoh lain adalah pergerakan antar atom, pergerakan elektron yang mengelilingi inti. Dan banyak lagi contoh lainnya.

Media VMC ini diharapkan memenuhi tujuan dasar media pembelajaran yaitu membantu memberikan kemudahan pemahaman yang lebih menyeluruh sehingga mendorong motivasi siswa dalam belajar, khususnya dalam memahami objek-objek yang memiliki kompleksitas yang cukup tinggi. Link kumpulan Video di yotube contoh penggunaan VMC DPS STT-NF https://www.youtube.com/watch?v=Vu1iLLpaAgg&list= PLt–cRGQAq9P5sXoiIi-AOxrVlLD3Txm1 atau search di Youtube dengan kata kunci “vmc dps nurul fikri”. (SGD)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin