YBM PLN dan NF Computer Luluskan 25 Peserta Sekolah Programmer Angkatan ke-5

YBM PLN dan NF Computer Luluskan 25 Peserta Sekolah Programmer Angkatan ke-5

Cisarua, 22 september 2020 – Saat ini Indonesia sudah masuk ke Industri 4.0 dengan ditandai perkembangan teknologi informasi dan pengguna internet serta medsos yang sangat besar. Efek dari perkembangan internet itu mengakibatkan interaksi manusia dalam bidang ekonomi juga mengalami perubahan. Perubahan tersebut menimbulkan efek positif dengan makin berkembangnya peluang kerja dan usaha. Start-up dan perusahaan yang berkembang maupun yang sudah maju membutuhkan banyak programmer untuk pembuatan aplikasi berbasis web dan mobile.

Dengan mempertimbangkan fakta tersebut, Yayasan Baitul Maal PLN (YBM PLN) bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Nurul Fikri (NF Computer) membuat program pelatihan Sekolah Programmer angkatan ke-5 selama tiga bulan, Juli-September 2020. Materi pelatihan adalah Full Stack Mobile Developer dengan bahasa pemrograman JavaScript, Node.js, Express.js, dan React Native.

YBM PLN dan NF Computer Luluskan 25 Peserta Sekolah Programmer Angkatan ke-5

Peserta pelatihan Sekolah Programmer angkatan ke-5 ini berasal dari 9 provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Banten, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, NTB, dan Aceh, dengan jumlah peserta 25 orang. Selain kegiatan pembelajaran, peserta juga melakukan aktivitas kepesantrenan seperti tilawah, sholat wajib berjamaah, sholat tahajud, puasa sunah Senin-Kamis, dan pengembangan karakter.

YBM PLN dan NF Computer Luluskan 25 Peserta Sekolah Programmer Angkatan ke-5

Acara closing ceremony dibuka oleh Herry Hasanudin selaku perwakilan dari YBM Pusat. “Peserta Sekolah Programmer angkatan ke-5 merupakan orang pilihan, setelah lulus seleksi dari YBM di berbagai wilayah. Selain menjadi terampil di bidang IT  juga menjadi remaja yang berakhlak mulia,” ungkap Pak Herry ketika memberi sambutan.

Hal senada juga diucapkan oleh Mirza, Ketua III YBM PLN. “Para peserta sekolah programmer angkatan 5 diharapkan untuk selalu mengasah keahlian ketika sudah selesai mengikuti pelatihan, sehingga pemanfaatan program dapat tercapai secara maksimal dan peserta menjadi lebih ahli lagi. Selain itu semoga para peserta yang semula merupakan penerima zakat atau mustahik menjadi muzakki.” tutup Pak Mirza di akhir sambutannya.

Rusmanto, yang mewakili pimpinan NF Computer, mengungkapkan,”Para peserta Sekolah Programmer angkatan ke-5 dibimbing para pengajar yang professional, dan peserta terbukti mampu menghasilkan aplikasi web dan Android yang bermanfaat bagi penggunanya. Selain itu, Rusmanto mengharapkan alumni Sekolah Programmer yang berasal dari berbagai wilayah ini tetap saling komunikasi dan terhubung secara digital dengan pengurus YBM PLN dan NF Computer.

Lulusan Sekolah Programmer angkatan ke-5 diberi motivasi oleh Bachtiar Firdaus, Founder Rumah Kepemimpinan. “Dunia kini memasuki gelombang globalisasi tahap tiga, yaitu kita semua adalah makhluk global. Usia peserta Sekolah Programmer angkatan ke-5 antara 20-30 tahun tidak lama lagi akan menjadi pemimpin. Dan di era global saat ini, peserta diharapkan mempunyai kemampuan teknik yaitu ilmu dan kemampuan non teknik yaitu karakter mulia,” ujar Bachtiar. Selain itu, Bachtiar  mengungkapkan beberapa Successful Road Map, yaitu Nasib, Takdir, Berhenti Total Menyalahkan Diri Sendiri dan Orang Lain, Mulai Sekarang Menata Hidup, Lakukan yang Terbaik, The Power of Dreams, Tetap Semangat, dan Keyakinan yang Kuat.


kel 1 – Hilmy Tananda : https://youtu.be/1MGUAhltjhs
kel 2 – Fazrin Zaenudin : https://youtu.be/oAECXV5MBEk
kel 4 – Huda Robbani : https://youtu.be/-AcnGITWmp4
kel 5 – Novendra : https://youtu.be/AWN71Zf3qFE
kel 6 – Miftahul Ilmi : https://youtu.be/Kjgqgi6ydek
Share