Sekolah Programmer

Sekolah Programmer – Dalam mencetak SDM yang kompeten dalam bidang pemograman web dan mengurangi pengangguran para lulusan SMK/SMA sederajat dalam mendapatkan pekerjaan dalam bidang TI, YBM-PLN bekerjasama dengan LP3 Nurul Fikri (NF COMPUTER) menyelenggarakan Sekolah Programmer angkatan ke dua yang dilaksanakan selama tiga bulan, dimulai bulan Februari sampai dengan 22 Mei 2019 dan angkatan pertama pada bulan September sampai dengan November 2018.

Selama mengikut Sekolah Programmer, para peserta diberikan fasilitas asrama, uang saku, lab komputer yang terhubung dengan internet. Untuk materi pembelajaran di Sekolah Programmer ini di bimbing oleh para instruktur yang berpengalaman dibidangnya diantaranya adalah Literasi Komputer yang berbasis open source dan Ms Office, Pengantar Pemograman, Pengembangan Web Dasar dan Lanjutan, Pembengan Web berbasis Framework Yii dan Laravel, Pengembangan Diri, Praktikum Pengerjaan Tugas, Final Project dan Sidang Tugas Akhir serta Pengembangan Karir. Dan juga pesera mendapatkan program pelatihan tambahan berupa Pelatihan Digital Marketing, Pembuatan CV, UI/UX dan pemetaan minat peserta Sekolah Programming. Selain kegiatan pembelajaran peserta juga melakukan aktifitas pendukung dan kegiatan asrama diantaranya olahraga, outbound dan baksos.

sekolah programmer

Pada tanggal 23 Mei 2019 bertepatan dengan 18 Ramadhan 1440 H
bertempat di Asrama Sekolah Programmer, Jalan Situ Indah No. 116 Kelurahan Tugu – Cimanggis, Kota Depok, Sekolah Programmer menyelenggarakan acara buka bersama sekaligus penutupan Sekolah Programmer angkatan ke-2, diikuti oleh 30 peserta dan pengurus Sekolah Programmer dan beberapa tamu undangan, diantaranya perwakilan dari YBM-PLN Pusat, Kepala Unit YBM-PLN Kalimantan, Direktur NF COMPUTER, PeTIK YBM-PLN dan Dikmas Kota Depok

Dalam Hal ini Direktur NF COMPUTER Bapak Dr. Lukman Rosyidi, MT., MM. memberikan sambutannya bahwa “…lulusan peserta Sekolah Programming yang sudah dibekali kepribadian/keagamaan dan keahlian (softskill) agar siap diterjunkan untuk berkarya ke daerah asal masing-masing ataupun ke daerah lainnya…, dengan keahlian yang di dapat selama mengikuti program ini peserta sebagai modal dasar dan selalu meningkatkan kepribadian/pemahaman keagamaan dan softskill.”

sekolah programmer

Dalam program pendidikan YBM-PLN yang menghasilkan muslim produktif
menurut Bapak Salman Alfarisi sebagai perwakilan dari pengurus YBM-PLN, Program ini diharapkan dapat di replika sehingga tidak hanya di Depok saja dan bisa berkembang ke kota yang lainnya, sehingga manfaatnya bisa lebih luas lagi.

Dan diharapkan para peserta Program Sekolah Programmer dapat memberikan manfaat pada lingkungan sekitar, dengan berbekal softskill dan dapat meniru/mengikuti tauladan para instruktur sehingga selama tiga bulan belajar di Sekolah Programmer ini dapat berperan aktif di keorganisasian remaja masjid sebagai remaja yang unggul di atas rata-rata remaja yang lainnya dan membuat aplikasi/software kegiatan masjid agar lebih bermanfaat/amal jariah ilmu yang telah dipelajari.

sekolah programmer

Salah satu peserta terbaik Yusup Sopian Ansori asal dari Tasikmalaya, yang berhasil mendapatkan nilai sangat memuaskan, berhasil menyelesaikan tugas akhir yang berjudul “Aplikasi Ruham Singgah Pasien”. Aplikasi Rumah Singgah Pasien adalah sebuah aplikasi berbasis web untuk mempermudah melakukan pencatatan (rekap) data pasien yang menginap di rumah singgah pasien tersebut. Alasan memilih judul tersebut karena rumah singgah untuk sasien sangat dibutuhkan bagi kalangan luar daerah yang ingin berobat atau menjalani pengobatan khusus di suatu daerah yang jauh dari daerah pasien tersebut, sehingga pasien membutuhkan rumah singgah agar mempermudah untuk menjalani pengobatan di rumah sakit tersebut. Yusuf menyadari bahwa aplikasi ini masih terdapat beberapa kekurangan, karena belajar yang cukup singkat keterbatasan waktu dalam menyelesaikan tugas akhirnya.

sekolah programmer

sekolah programmer

Yusuf juga menyampaikan banyak terimakasih kepada YBM-PLN dan NF COMPUTER yang telah menyelenggarakan Program Sekolah Programmer. Banyak sekali ilmu dan pengalaman yang dapat di wujudkan selama mengikuti Program Sekolah Programmer serta bertambahnya softskil diantaranya mindset, mental, manajemen waktu dan public speaking serta hardskill seperti Web Programming dan Digital Marketing.

Dengan berkhirnya Program Sekolah Programmer angkatan ke dua ini semoga semua lulusan dapat menjadi berperan aktif di linkungannya masing-masing dan menjadi muslim produktif. untuk angkatan ke tiga Insya Allah akan berlangsung pada bulan Juli mendatang.