Inhouse Training Ms. Excel Advanced – Puskesmas Kec. Pasar Rebo

IHT Ms Excel Advanced Puskesmas Kec. Pasar Rebo


Jakarta
– Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo dibangun pada tahun 1995 dengan  luas tanah 3000 m2 dan luas bangunan 1300m2. Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo ditetapkan sebagai unit kerja yang menerapkan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum Daerah atau BLUD secara penuh pada tahun 2012 sesuai Surat Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 378/2012.

Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur bekerja sama dengan PT Nurul Fikri Cipta Inovasi (NF COMPUTER) menyelenggarakan pelatihan “Ms Excel Advanced” untuk para staf administrator dan layanan fungsional kesehatan.

Kasubbag Tata Usaha Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur Arie Meutia Nada, M.Km.  memberikan sambutan “…..agar ilmu yang didapat selama pelatihan agar ilmunya dapat seluas-luasnya agar nanti kelak bermanaaf untuk diri sendiri dan untuk layanan kesehatan”.

Pelatihan  dilaksanakan pada tanggal 1 – 3 November 2022 dengan instruktur Sugandi, S.T. dengan jumlah peserta 11 orang. Sebelum materi Ms.Excel Advanced, para peserta mengerjakan pre-test secara online. Materi yang diajarkan pada pelatihan kali ini meliputi:

  • Menentukan format data.
  • Mengatur tampilan tabel dan halaman.
  • Menggunakan berbagai rumus untuk menghitung data.
  • Mengolah basis data sederhana (filter, sort, data validation, subtotal, pivot, what if analysis).
  • Pembuatan grafik data.
  • Pengolahan, analisa hasil perhitungan dan Teknik pembuatan laporan yang lebih efektif dan efisien (Logical Function, String, Spreadsheet, Ampersand, Transpose, Conditional Formatting, Import & Export Data, CSV, Txt, PDF to SpreadSheet, Text to Columns, Chart & Pivot Table, Data Validation, Time Function, Countif, Sumif, Set Print Area – Row/Columns to Repeat at Top, Header & Footer, Page Number, Scalling Mode, Page Order).

Sebelum pelatihan Ms Excel Advanced, peserta ditugaskan untuk post-test secara online dan hasilnya sangat baik. Dari hasil pre-test dan post-test terdapat 2 (dua) peserta mendapatkan nilai terbaik, MIftahul Rahman dan Tri Yunita.

Testimoni

Salah satu peserta mengungkapkan, “Setelah melakukan pelatihan Microsoft Office Excel-nya, Microsoft Excel Advanced dari lembaga Nurul Fikri adalah sangat berguna sekali, terutama untuk pengajarnya sangat sabar, sangat mendetail sekali. Jadi untuk step-step pembelajarannya bisa kita serap dengan baik……

ini sangat berguna terutmaa untuk pekerjaan saya, biar lebih cepat – biar lebih jika ada tugas-tugas lebih cepat, lebih baik, lebih rapih dalam pengerjaanya…..”

– Miftahul Rahman –

Share