Inhouse Training Membuat Cover, Layout Buku dan Alat Publikasi Ditjen Dirjen GTK Kemdikbud

Inhouse Training Membuat Cover, Layout Buku dan Alat Publikasi Ditjen Dirjen GTK Kemdikbud – Pada tanggal 1 – 2 Oktober 2019 di Hotel Amaroossa Grande Bekasi, NF COMPUTER dipercaya untuk menyelenggarakan pelatihan “Membuat Cover, layout Buku dan Alat Publikasi” dalam kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi dan Perilaku  ICT untuk Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Membuat Layout Buku dan Alat Publikasi

Pelatihan diikuti oleh 40 orang pegawai Direktorat Pembinaa Tenega Kependidikan (Tendik) – Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan meningkatan kemampuan dalam mendesain serta dapat menggunakan alat publikasi dengan baik di lingkungan melayout buku serta desain cover

dalam mendesain cover buku, layout buku dengan menggunakan aplikasi dan Program-program aplikasi desain grafis yang dipelajari pada paket pelatihan kali ini adalah Adobe InDesign dan Adobe Photoshop.

Desain grafis adalah salah satu bentuk seni terapan yang memberi kebebasan dan keleluasaan kepada desainer atau perancang untuk memilih, menciptakan, dan mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas permukaan canvas atau area kerja dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan.

Membuat Layout Buku dan Alat Publikasi

Kegiatan di awali dengan pembukaan oleh Kepala Subbagian Tata Usaha Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Dirjen GRTK Kemendikbud yaitu Ibu Ana Budi Kuswandani dan Bapak Yatnto selaku perwakilan dari NF COMPUTER.

NF COMPUTER mengirimkan narasumber pada training terebut yaitu Daseh Hidayat (Praktisi yang bersertifikasi profesi dan Instruktur Desain Grafis NF COMPUTER) sebagai Instruktur Utama, dan sebagai asisten Rifqi Hilwan dan Muhammad Rifki Isnan.

Membuat Layout Buku dan Alat Publikasi

Materi

Untuk materi penggunaan aplikasi Adobe Photoshop, Daseh Hidayat sebagai narasumber utama, peserta diajarkan bagaimana membuat cover buku, banner untuk sosial media dan poster dengan materi utama sebagai berikut:

  • Mempelajari berbagai teknik seleksi area gambar menggunakan tool-tool seleksi yang disediakan oleh Photoshop.
  • Mengatur berbagai properti gambar bitmap.
  • Menggunakan dan mengatur konfigurasi brush dan tool sejenis untuk memperbaiki kualitas gambar dan menambah daya artistik gambar.
  • Memperbaiki kualitas gambar menggunakan fasilitas adjustmen.
  • Mengatur efek gambar melalui layer style dan filter.
  • Mempublish gambar dalam berbagai bentuk file gambar.

Setelah belajar Adobe Photoshop, para peserta dibekali keterampilan mengatur layout buku dan menggunakan Adobe InDesign dengan materi utama sebagai berikut:

  • Mengatur layout publikasi baik itu berupa One Side Pages maupun Facing Pages beserta bentuk tampilan paragraf per halamannya.
  • Membuat berbagai obyek desain sebagai pelengkap layout halaman.
  • Modifikasi tampilan character, paragraf, dan special objects termasuk nomor halaman, numbering, text wrapping dan drop cap.
  • Mengelola gambar di dalam suatu halaman.
  • Mengatur konfigurasi master page sebuah dokumen
Membuat Layout Buku dan Alat Publikasi

Testimoni

Indah Mustika Rini, salah seorang peserta menyampaikan yang disampaikan instruktur dan team sangat menyenangkan dengan cara tim teaching sehingga jika peserta mendapatkan kesulitan dapat segera terbantu. Pelatihan ini juga mengakomodir pelatihan dengan cara andragogi – pembelajaran tentang orang dewasa, dimana instruktur memberi sedikit penjelasan dan langsung meminta peserta untuk banyak melakukan, langsung mendesain dan melayout yang langsung didampingi oleh team instruktur. Adapun motivasi Indah Mustika Rini mengikuti pelatihan ini yang pertama untuk meningkatakan ICT Literasi dan yang kedua karena sangat berkaitan/mendukung pekerjaan yang bersinggungan langsung dengan pelayanan public adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia tenaga kependidikan berupa penyelenggaraan diklat untuk menyiapkan bahan ajar yang menarik.

Video: https://youtu.be/KHcqlj7KrFo