Komputer Generasi Pertama

Komputer Generasi Pertama

NF COMPUTER – Komputer generasi pertama digunakan pada saat terjadinya Perang Dunia II, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer. Pada tahun 1941, Conrad Zuse seorang insinyur jerman membuat sebuah komputer Z3 untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali

Blok sekutu juga membuat kemajuan lain dalam perkembangan kekuatan komputer. Pada tahun 1943 Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Komputer Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang di gunakan Jerman Nazi. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu memengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan Colossus bukan merupakan komputer sebaguna dan ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia.

Usaha yang dilakukan oleh Amerika Serikat pada saat itu menghasilkan kemajuan lain. Howard Aiken seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memperoduksi kakulator eelektronik untuk Angkatan Laut Amerika Serikat. Kalkulato0r tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki kabel sepanjang 500mil. Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.

Pada pertengahan 1940-an, Jhon Von Neumann bergabung dengan tim Universitas Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali.

Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut bahasa mesin yang menyebabkan komputer sulit diprogram dan membatasi kecepatanya.

Ditulisan ulang: Muhamad Riyandi
Sumber: blogger.com

Share