Java atau Kotlin Dalam Pengembangan Aplikasi Berbasis Android?

Java atau Kotlin Dalam Pengembangan Aplikasi Berbasis Android?

 

Pada awalnya android dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman java. Namun,dengan perkembangan zaman dimana teknologi berkembang dengan pesat salah satunya adalah hadirnya bahasa pemrograman baru yaitu kotlin. Untuk memutuskan apakah kita menggunakan bahasa pemrograman kotlin atau java sebaiknya kita lebih tau dulu apa saja perbedaan antara java dan kotlin.

Baca juga :

 

1. Multi Platform

Java merupakan bahasa pemrograman inti dari pengembangan android. Sedangkan kotlin bisa dipakai untuk mengembangkan aplikasi di berbagai platform contohnya IOS bahkan kotlin dapat digunakan sebagai aplikasi server.

2. Waktu Kompilasi

Perbedaan waktu kompilasi antara java dan kotlin cukup siginifikan.Dimana java lebih unggul dibandingkan dengan kotlin.Namun,dalam banyak kasus,kecepatan kompilasi di kotlin lebih lambat dibandingkan dengan java.

3. Null Safety

NullPointerException adalah sebuah error ketika kode java dieksekusi,ada pemanggilan objek atau atribut yang belum diinisialisasi.Kotlin sendiri sudah dibuat untuk mengatasi hal tersebut sehingga kita dimudahkan dan lebih aman ketika membuat objek yang bernilai null.Sedangkan untuk java null safety baru ada pada versi 7.

4. Komunitas

Komunitas Java termasuk komunitas yang besar yang mana hal ini disebabkan karena java merupakan bahasa yang tergolong tua.Dibandingkan dengan kotlin yang bahasanya baru muncul baru baru ini maka komuniatas kotlin masih belum terlalu popular dibandingkan dengan java.

5. Penulisan Source Code

Java itu kuat karena penulisan kode nya sangat sensitive dan kode boilerplate yang digunakan bisa sangat banyak. Sedangkan kotlin, penulisan kode boilerplate yang dilakukan secara berulang-ulang tidak diperlukan.Sehingga kode yang kita tuliskan akan lebih ringkas dibandingkan dengan java.

Jadi itulah beberapa perbedaan antara bahasa pemgrograman java dan kotlin. Jadi kalian pilih mana nih antara java dan kotlin.

Penlis:
M Amien Ramdhani

 

Referensi:
https://www.dicoding.com/blog/java-atau-kotlin-untuk-android/

 

Share