Digital Marketing – Perbedaan SEO dan SEM

NF COMPUTER – Istilah SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) sudah tidak asing lagi bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia digital marketing. SEO dan SEM merupakan strategi optimasi website untuk mendapatkan posisi yang baik di hasil pencarian Google. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai perbedaan keduanya.

Pengertian SEO dan SEM

SEO merupakan upaya optimasi yang bertujuan untuk mendapatkan trafik tinggi dari hasil pencarian organik. Ada dua teknik SEO yang bisa dilakukan, yang pertama SEO On Page dimana optimalisasi SEO  dilakukan pada website itu sendiri dan yang kedua SEO Off Page dimana optimalisasi SEO dilakukan diluar website.

SEM yaitu teknik periklanan berbayar yang membuat sebuah website berada di posisi pertama hasil pencarian Google. Berikut contoh SEM:

Digital Marketing - Perbedaan SEO dan SEM

Pembuatan iklan menggunakan beberapa kata kunci yang berhubungan dengan produk yang dijual. Jadi, ketika seseorang mengetikkan kata kunci tersebut, maka Google akan menampilkan hasil pencarian berbayar seperti pada gambar.

Perbedaan SEO dan SEM

  1. SEO Gratis dan SEM Berbayar
    SEO adalah strategi yang banyak digunakan oleh pelaku usaha pemula karena tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Sementara SEM merupakan iklan berbayar sehingga perlu mengeluarkan biaya agar iklan bisa terus ditampilkan. Namun tentu saja ada benefit SEM yang tidak didapatkan pada SEO.
  2. Hasil SEM Lebih Cepat Dibanding SEO
    Meski hasil SEM tidak langsung muncul seketika setelah selesai membuat iklan, namun proses SEM relatif lebih cepat dibandingkan hasil SEO.
  3. SEM Dapat Memilih Target Audience
    SEO dan SEM bertujuan agar bisa memahami audiens lebih baik. Tetapi SEO tidak bisa memilih target audiens seperti SEM. Saat melakukan SEM, maka bisa memilih hasil pencarian ditampilkan untuk audiens berdasarkan umur, lokasi, dan lainnya.
  4. SEM Bisa Digunakan Sebagai Testing
    Iklan pada SEM bisa di atur untuk di aktifkan atau dinonaktifkan. Hal tersebut menjadi salah satu cara untuk testing apakah strategi marketing yang dilakukan menjadi strategi yang bagus untuk bisnis dan apakah bisa diterima dengan baik atau tidak oleh audiens.
    SEM juga memudahkan dalam merevisi judul iklan, mengganti target audiens serta merubah konten dari landing page untuk keperluan testing. Hal ini tidak bisa dilakukan pada teknik SEO karena membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan hasil dan melihat perbedaannya.
  5. Potensi CTR SEO Lebih Tinggi Dibanding SEM
    Hasil pencarian teratas merupakan hasil CTR (Click Through Rate) terbanyak. Teknik SEO memungkinkan website berada di posisi teratas, yang artinya bisa mengalahkan iklan SEM. Namun jika posisi website berada di luar tiga besar atau bahkan di halaman kedua, maka kemungkinan CTR SEM yang akan lebih banyak.
  6. SEO Baik untuk Jangka Panjang
    Iklan SEM hanya akan aktif selama iklan tersebut dibayar untuk tampil di hasil pencarian. Berbeda dengan SEO yang bisa bertahan lebih lama karena SEO merupakan strategi yang berkembang seiring waktu.
  7. Tampilan Hasil Pencarian SEO dan SEM
    Digital Marketing - Perbedaan SEO dan SEM
    Gambar di atas menunjukkan perbedaan pada hasil pencarian SEO dan SEM. Pada hasil pencarian SEM ditandai dengan icon “iklan” dan diikuti dengan link website, sedangkan pada hasil pencarian SEO hanya terdapat link website tanpa icon apapun.

 

Penulis:
Hasna Alaurrahman

 

Referensi artikel:
https://whello.id/

 

Share