Apa itu kotlin? New Programming Language Android Developer

Hallo semuanya, kalian tahu gak apa sih kotlin itu? Akhir-akhir ini kita sering sekali mendengar kata kotlin. Namun, apakah kalian mengetahui apa itu kotlin? kalau belum tahu disini kami mau menjelaskan sedikit tentang kotlin.

Sejak diluncurkan pada pergelaran Google I/O pada bulan Mei 2017, Google mengumkan bahasa pemrograman baru yang dapat dipakai untuk mendevelope aplikasi berbasis android. Bahasa pemrograman itu adalah kotlin. Kotlin menjadi bahasa kelas utama (First Class Language) pembuatan aplikasi android.

Baca juga :

Kotlin adalah bahasa pemrograman modern, disajikan secara statis yang berjalan pada platform Java Virtual Machine (JVM). Kotlin menggunakan Compiler LLVM yang artinya bahasa kotlin ini bisa dikompilasi kedalam kode javascript. Kotlin sendiri dikembangkan oleh perusahaan ternama yaitu JetBrains, yang mana JetBrains ini juga mengembangkan tools pemrograman lainnya seperti IDE. Yang saat ini mulai dikembangkan oleh google. Lalu mengapa kita harus menggunakan kotlin? ada beberapa alasan mengapa kita harus menggunakan kotlin yakni:

1. Open Source

Yang pertama adalah bahwa kotlin ini sifatnya open source artinya kotlin bisa dipakai oleh siapa saja dan kita juga dapat melihat proses pengembangannya juga.

2. Mudah dipelajari

Ketika kalian mempelajari kotlin maka kalian tidak perlu menggunakan titik koma (;) untuk mengakhiri statementnya.Hal ini berbeda dengan java yang diakhir statement nya harus diakhiri dengan titik koma (;). Hal ini lah yang menjadikan lebih simple dan mudah dipelajari.

3. Banyak perusahaan yang menggunakan bahasa kotlin

Ada banyak perusahaan yang menggunakan bahasa kotlin dalam pengembangan aplikasinya sebut saja salah satunya yang paling kita kenal yaitu Netflix. Dan masih banyak lagi aplikasi yang pengembangannya menggunakan bahasa kotlin.

4. Kotlin Lebih ringan dibanding dengan java

Kotlin dapat meningkatkan kecepatan eksekusi fungsi lambda.Jika disbanding dengan Java,kedua bahasa ini sama-sama berjalan pada JVM, tentunya soal kecepatan kotlin lebih unggul. Dalam hal debugging baik pada emulator maupun real device.

5. Terintegrasi dengan android studio

Karena Kotlin dikembangkan oleh JetBrains, jadi kotlin otomatis terintegrasi dengan android studio.

Penulis:
M. Amien Ramadhan

 

Referensi:
https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-kotlin-kenapa-kita-harus-mempelajari-kotlin/

Sumber gambar:

  • https://blog.kotlin-academy.com/
  • https://www.pngwing.com/

 

Share