5 Keuntungan Digital Marketing dalam Berbisnis

 

5 Keuntungan Digital Marketing dalam Berbisnis

NF COMPUTER – Digital marketing merupakan teknik pemasaran yang dilakukan secara digital menggunakan internet. Contoh digital marketing yaitu search engines, media sosial, email, dan website untuk membangun koneksi dengan customer.

Kemajuan teknologi membawa tren baru dimana hampir semua orang selalu memanfaatkan teknologi seperti berkomunikasi melalui media sosial, berbelanja lewat e-commerce atau mencari tahu informasi lewat internet. Teknologi memberikan media yang lebih cepat dan efektif untuk berkomunikasi dengan calon customer. Kini pemanfaatan digital marketing menjadi metode baru yang sangat berperan penting dalam memasarkan suatu bisnis.

Baca juga : 5 Tips Digital Marketing Agar Bisnis Makin Sukses

Penerapan strategi promosi menggunakan media digital tentu saja memiliki banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Artikel kali ini akan mengupas 5 keuntungan dari digital marketing. Apa saja keuntungannya?

1. Menekan Biaya Promosi Konvensional

Keuntungan digital marketing yang pertama dan paling banyak disukai yaitu dari segi budget yang lebih hemat. Dengan sarana promosi menggunakan media digital jadi tidak perlu lagi mencetak brosur. Tidak perlu juga membuat spanduk dan baliho yang dipasang di sepanjang jalan tentu lebih banyak biayanya. Tidak harus membuat iklan di media cetak maupun televisi yang biayanya mahal. Cukup manfaatkan media digital yang saat ini semakin beragam untuk dijadikan sebagai media promosi. Seperti memanfaatkan website, Twitter, Facebook, Instagram, Email, TikTok dan media sosial lainnya.

Proses pembuatan akun di berbagai platform media sosial jauh lebih praktis, mudah dan tidak ada biaya. Dalam pengelolaan juga terdapat pilihan, mau dikelola sendiri atau menggunakan jasa orang lain. Anda dapat mengatur sendiri berapa biaya yang digunakan karena pada dasarnya semua disediakan gratis. Namun agar profil perusahaan lebih terlihat profesional maka perlu adanya pengembangan tersendiri, sehingga butuh biaya tambahan.

Program Profesi Digital Marketing

Baca juga : Program Profesi Digital Marketing

 

2. Menjangkau Target Pasar Lebih Luas

Manfaat yang kedua yang sangat bisa dirasakan oleh para pemilik bisnis yaitu dari segi jangkauan pasar. Jangkauan pasar sama sekali tidak terpengaruh oleh letak geografis. Sehingga promosi dapat dilakukan dari Sabang sampai Merauke dengan biaya yang bisa dikatakan sama. Siapa saja bisa mengakses informasi di media digital secara cepat dan mudah. Luasnya jangkauan pasar dapat dimanfaatkan untuk menentukan target customer.

Digital Marketing bisa memperluas target customer yang selama ini tidak terjangkau selama melakukan penjualan offline. Dengan strategi dan target yang spesifik, Anda kini bisa menjangkau para calon pembeli baru dari berbagai kalangan dan wilayah sesuai target yang dipilih.

 

3. Membantu Meningkatkan Penjualan

Manfaat dan keuntungan ketiga dari digital marketing yaitu dapat meningkatkan penjualan. Digital marketing dinilai lebih efektif dalam meraup target sasaran yang lebih luas dalam satu rentang waktu saja. Untuk meningkatkannya diperlukan strategi digital marketing. Strategi digital marketing yang tepat dapat meningkatkan penjualan omset dan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Ada banyak strategi yang bisa dilakukan seperti dengan mengaktifkan optimasi SEO pada website, Rutin melakukan update produk di website atau menambahkan 1 artikel informasi setiap harinya, mem-follow up konsumen yang pernah order, menggunakan tools promosi seperti Google Ads, Instagram Ads, Facebook Ads, dan lainnya serta menerapkan strategi lainnya yang cocok untuk bisnis Anda.

 

4. Menjalin Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan

Keuntungan keempat yaitu dari sisi hubungan dengan pelanggan. Dalam dunia bisnis, komunikasi dengan pelanggan adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Komunikasi dengan pelanggan bertujuan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan serta bagaimana feedback terhadap produk. Review ini penting menjadi masukan bagi perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk maupun layanan yang disediakan. Inilah salah satu keuntungan digital marketing yang menarik karena perusahaan bisa menyediakan layanan terbaiknya.

Layanan online 24 jam dapat menjadi cara untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Kesempatan bagi pelanggan untuk lebih mengenal produk maupun profil perusahaan semakin terbuka lebar. Terciptanya komunikasi dengan pelanggan bisa meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk yang ditawarkan. Hal ini secara langsung dapat mempengaruhi tingkat penjualan, sehingga profit perusahaan ikut meningkat.

 

5. Kecepatan dan Keakuratan Data

Keuntungan digital marketing yang kelima yaitu kemampuan dalam memberikan data yang dibutuhkan. Data sangat dibutuhkan untuk berbagai tujuan dan menjadi bagian penting bagi perjalanan bisnis. Menerapkan pemasaran secara digital tentu akan sangat membantu dalam mendapatkan data pelanggan. Informasi yang didapat bisa sangat cepat, tepat dan dijamin lebih akurat daripada cara manual.

Informasi  sangat membantu dalam melakukan analisis sesuai dengan kebutuhan para pelanggan tersebut. Seperti produk apa yang dibutuhkan, cara berbelanja, metode pembayaran paling disukai dan lainnya. Hal ini membantu agar lebih cepat dalam membuat keputusan terkait pelanggan dan bisa dimanfaatkan untuk melakukan perbaikan baik produk maupun jasa. Sehingga Anda mampu meningkatkan kualitas sebagai upaya untuk mengembangkan bisnis agar semakin dipercaya.

Masih banyak keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan strategi marketing secara digital. Keuntungan digital marketing akan sangat terasa jika Anda mampu menerapkan secara tepat dan maksimal pada bisnis. Ingin belajar digital marketing dengan instruktur profesional? Hubungi NF Computer! Kami siap membantu. Klik di sini!

 

Penulis:
Hasna Alaurrahman

 

Referensi :

Share