Mengenal Framework CodeIgniter

Mengenal Framework CodeIgniter – Saat ini ada beberapa macam Framework PHP yang sangat populer dan tidak asing di telinga kita diantaranya Yii Framework, Laravel, CodeIgniter, dan lain-lain. Kali ini kami ingin mengupas sedikit tentang salah satu Framework yaitu Framework CodeIgniter.

Mengenal Framework CodeIgniter

CodeIgniter ialah sebuah framework php yang bersifat open source dan menggunakan metode MVC (Model, View, Controller). CodeIgniter bersifat free atau tidak berbayar jika kita menggunakannya. Framework codeigniter di buat dengan tujuan sama seperti framework lainnya yaitu untuk mempermudah developer atau programmer dalam membangun sebuah aplikasi berbasis web tanpa harus membangunnya dari awal.

MVC adalah teknik atau konsep yang memisahkan komponen utama menjadi tiga komponen yaitu model, view dan controller.

  • Model
    Model merupakan bagian penanganan yang berhubungan dengan pengolahan atau manipulasi database. Misalnya mengambil data dari database, menginput dan pengolahan database lainnya. Semua intruksi yang berhubung dengan pengolahan database di letakkan di dalam model.
  • View
    View merupakan bagian yang menangani halaman user interface atau halaman yang muncul pada user. Tampilan dari user interface di kumpulkan pada view untuk memisahkannya dengan controller dan model sehingga memudahkan web designer dalam melakukan pengembangan tampilan halaman website.
  • Controller
    Controller merupakan kumpulan intruksi aksi yang menghubungkan model dan view, jadi user tidak akan berhubungan dengan model secara langsung, intinya dari view kemudian controller yang mengolah intruksi.

Dari penjelasan tentang model view dan controller di atas dapat disimpulkan bahwa controller sebagai penghubung view dan model. Misalnya pada aplikasi yang menampilkan data dengan menggunakan metode konsep mvc, controller memanggil intruksi pada model yang mengambil data pada database, kemudian controller yang meneruskannya pada view untuk di tampilkan. Jadi jelas sangat mudah dalam pengembangan aplikasi dengan cara mvc ini karena web designer atau front-end developer tidak perlu lagi berhubungan dengan controller, mereka hanya perlu berhubungan dengan view untuk mendesign tampilan aplikasi, karena back-end developer yang menangani bagian controller dan modelnya. Jadi pembagian tugas pun menjadi mudah dan pengembangan aplikasi dapat di lakukan dengan cepat.

Apa kelebihan dari CodeIgniter ?

Dibandingkan dengan Framework PHP lainnya, CodeIgniter mempunyai beberapa kelebihan seperti performa yang cepat, konfigurasi yang minim, banyak komunitas, dokumentasi yang lengkap, serta mudah buat dipelajari.