Pelatihan Desain Grafis dan Multimedia

kejagung_republik_indonesia_new_logo_lowNurul Fikri Computer (NF Computer) bekerja sama dengan Kejaksaan Agung Republik Indonesia menyelenggarakanlah pelatihan Desain Grafis dan Multimedia untuk memenuhi kebutuhan peningkatan kemampuan pegawai di bidang desain grafis dan multimedia di lingkungan kerja Kejaksaan Agung. Pelatihan berlangsung selama tiga hari per minggu pada Selasa, Rabu, dan Kamis, dari 22 November 2016 hingga 8 Desember 2016.

Pada minggu pertama pelatihan membahas penggunaan aplikasi pengolah gambar bitmap yaitu Adobe Photoshop dengan materi antara lain: teknik menyeleksi area gambar menggunakan Marquee Tool, memahami pengaturan layer pada dokumen Photoshop, memahami teknik perpindahan gambar antar layer atau antar dokumen yang dibuat, menguasai proses mewarnai obyek gambar, memahami teknik mengubah bentuk (transformasi) obyek gambar, memahami teknik pemotongan bagian gambar (crop), menguasai teknik pembuatan tulisan menggunakan Tool Type dan proses modifikasinya, memahami teknik penggunaan Layer Style untuk mengatur efek gambar, dan memahami proses pembuatan desain tata ruangan.

Pelatihan Desain Grafis dan Multimedia

Adobe Illustrator merupakan materi yang dibahas pada pertemuan minggu kedua. Yang menjadi obyek pembelajaran pada minggu kedua ini adalah bagaimana cara menggambar obyek-obyek dengan baik. Detail materi yang dipelajari antara lain: memahami bagaimana mengubah setting dokumen dan area kerja Adobe Illustrator, memahami bentuk dan fungsi setiap tool yang ada pada toolbox, menguasai berbagai macam kurva dan teknik pembuatannya, menguasai proses pembuatan teks didalam Adobe Illuastrator dan teknik modifikasinya, memahami fungsi setiap Basic Shapes dan cara penggunaannya untuk membuat bentuk-bentuk dasar, memahami penggunaan Path Finder untuk memodifikasi obyek gambar, dan memahami teknik pembuatan desain batik dan logo sederhana.

Pelatihan Desain Grafis dan Multimedia   Pelatihan Desain Grafis dan Multimedia

Pada 3 pertemuan terakhir yaitu di minggu ketiga, dipelajari bagaimana cara membuat animas flash dengan Adobe Animate. Secara teknik penggunaan Adobe Animate tidak terlalu beda dengan Adobe Flash. Materi yang dipelajari antara lain: menggambar obyek menggunakan Brush, Pencil, dan Pen, memahami kegunaan timeline dan pengaturan frame didalam setiap layer yang ada, memahami teknik pembuatan animasi menggunakan frame by frame animation, classic tweening animation, shape tweening animation, dan motion tweening animation, menguasai proses finishing atau publikasi animasi yang sudah dibuat, menguasai teknik menyisipkan sound sebagai dubbing dan backsound, memahami teknik membuat obyek movie clip dan kegunaannya didalam animasi yang dibuat, dan memahami kegunaan tool 3 (tiga) dimensi dan teknik penggunaannya dalam membuat animasi.

Diharapkan setelah selesai mengikuti training ini, setiap staff dapat membuat karya-karya publikasi dan film animasi layanan masyarakat yang sesuai. (NK)