Workshop Social Media Marketing for Businnes NF Computer

Workshop Social Media Marketing  for Businnes NF Computer Era Digital Marketing telah membuat perusahaan besar maupun kecil satu persatu mulai berpindah haluan dalam berpromosi. Sekarang mereka tidak lagi disibukan dengan membuat spanduk, brosur dan alat promosi lainnya, tapi cukup dengan membuat design promo yang menarik lalu sebarkan melalui social media, maka efek dari sebar promo melalui social media tersebut akan mudah tersebar melalui jaringan pertemanan dan interaksi dengan calon pembelipun bisa langsung dilakukan. Namun ada satu masalah yang harus diselesaikan sebelum sebar promo melalui social media, apa itu? Siapa orang yang akan kita bagikan promo tersebut? Lebih tepatnya siapa orang yang tepat untuk dikirim info tersebut. Tertarget dan Segmented itulah kata yang tepat buat menggambarkan promo melalui social media yang dikelola dengan tepat. Tentu ada ilmunya agar kita bisa mendapatkan pasar yang tertarget dan segemented, bukan asal publikasi dan sebar kesana kemari. Jadi sangat penting sekali perusahaan memiliki tim marketing yang menguasai ilmu social media marketing dengan baik, sehingga mampu memanfaatkan social media marketing untuk menaikan omset penjualan.

Social Media Marketing adalah teknik marketing yang menggunakan Social Media seperti Facebook, Instagram, Line, Twitter dan yang lainnya sebagai sarana untuk mempromosikan suatu produk atau suatu jasa, atau produk lainnya secara lebih spesifik. Social Media Marketing lebih kepada pembangunan dan pemanfaatan area Social Media sebagai sarana atau tempat untuk membangun target pasar dari bisnis online anda.

“Sosial media memungkinkan para pelaku pasar untuk berkomunikasi dengan sesamanya, pelanggan, dan calon pelanggan. Sosial media memberi “identitas” kepada “brand”atau merk yang dipasarkan dan membantu Anda untuk menyebarkan pesan Anda dengan cara yang santai dan komunikatif.” (Fortune PR).

“Pemasaran social media memberikan Anda akses secara instan ke audiense dan memungkinkan untuk terlibat dalam berkomunikasi dengan bisnis Anda” (Toffee Net).

“Social Media Marketing adalah upaya pemasaran online dengan menciptakan visibilitas, eksistensi dan keberadaan sebuah situs web pada Social Media Network (jaringan media sosial) seperti Facebook, Twitter, Digg, Web 2.0, social bookmarking, dan lain-lain.” (Optima Web).

Hal inilah yang melatar belakangi NF Computer menyelenggarakan Workshop Social Media Marketing For Business. Dengan menghadirkan konsultan social media marketing dari Jogjakarta Bapak Suryadin Laoddang yang dikenal didunia maya dengan nama Dosen Jualan. Beliau sudah malang melintang di wilayah indonesia dalam seminar dan workshop. Jadwal yang kami dapatkan dari sebulan sebelumnya tersisa hari kerja, hari sabtu ahad sudah benar-benar padat. Akhirnya atas kesepakatan bersama antara Dosen Jualan dengan NF Computer, terpilihlah hari Kamis tanggal 28 Mei 2015.

Acara Workshop Social Media Marketing didepok adalah untuk pertama kalinya buat dosen jualan, sebelumnya lebih banyak di Jakarta dan Bekasi. Sejak kami luncurkan acara Workshop Social Media Marketing banyak sekali yang nanya baik melalui Facebook, WA, SMS, namun ketika mereka tahu pelaksanaannya adalah hari kerja banyak yang tidak bisa. Sayang sekali padahal ilmu yang disampaikan oleh dosen jualan sangat aplikatif dan fokus pada praktek serta sudah banyak alumni workshop dosen jualan yang telah membuktikan. Pada akhirnya peserta yang bisa hadir pada acara workshop hanya ada 6 orang. Sangat beruntung sekali 6 orang yang ikut dalam workshop ini karena mereka bisa berdiskusi dan bertanya sampai puas. Bahkan ada satu peserta yang sudah ikut pada workshop sebelumnya dijakarta, dan ikut kembali pada workshop di depok. Memang selalu ada yang baru dan terkini dalam setiap workshop Pak dosen jualan.

Acara workshop dimulai jam 09.00 dan berakhir pada jam 20.00 dengan 3 materi utama yaitu Facebook, Instagram dan Line. Dari 3 materi yang dibahas paling lama pembahasannya adalah Facebook for marketing, hampir 8 jam membahas Facebook. Pak Dosen Jualan benar-benar mengupas dari A – Z tentang potensi facebook untuk promosi guna menaikan omset penjualan. Mulai dari teknik sederhana sampai teknik tingkat tinggi di bahas abis, wajar kalau peserta yang berjumlah 6 orang mulai ngebul ketika jam menunjukan pukul 16.00. Namun inilah kelebihan dosen jualan dalam menyampaikan materi, materi begitu banyak dan lumayan berat buat pemula namun peserta dibawa santai dan menikmati materi demi materi. Dengan latar belakang beliau sebagai Dosen, Marketing dan Teater maka acara workshop dibuat menarik dengan gaya bahasa dan penampilan ala dosen jualan.

Materi Instagram dan Line baru dibahas setelah sholat maghrib jam 18.30. Semkin malam suasana workshop malah semakin ramai dengan kehadiran alumni dan EO dari Bekasi. Diantara tamu dari bekasi ada pembicara workshop yang sering tampil berduet dengan dosen jualan. Ibu yang satu ini dikenal oleh dunia persilatan internet marketing dengan Ratu BB. Beliau sering di panggil dengan Ibu Rere Costa si Ratu BB. Dengan memberikan motivasi kepada para peserta untuk terus semangat menimba ilmu dari dosen jualan, suasana workshop kembali menjadi hidup dan peserta kembali semangat untuk menyerap ilmu sakti yang disampaikan oleh dosen jualan.

Tepat pukul 20.00 acara workshop berakhir dengan materi Line, kemudian dilanjutkan dengan diskusi sebentar dengan peserta lalu diakhiri dengan foto bersama. Tentu momen ini menjadi sangat penting buat para peserta karena mereka bisa berfoto bersama dengan Dosen Jualan. Jeprat jepret akhirnya sesi foto bersama berakhir dan sebagai kenang-kenangan dari NF Computer semua peserta diberikan sertifikat kepesertaan telah mengikuti workshop social media marketing for business dari NF Computer.

Atas terselenggaranya acara workshop Social Media Marketing For Business ini kami dari NF Computer STT-NF mengucapkan banyak terima kasih kepada Pak Suryadin Laoddang sebagai pembicara tunggal, para peserta yang berjumlah 6 orang, Panitia Workshop Pak Muslimin dan Tim serta tamu dari Alumni Dosen Jualan dan EO Workshop dan Seminar Bekasi. Semoga ilmu yang telah di share oleh Pak Dosen Jualan bermanfaat dan menjadi jalan untuk para peserta merealisasikan mimpinya menjadi pengusaha. Kami sangat bangga bisa menyelenggarakan acara workshop ini, semoga event-event seperti ini bisa kami selenggarakan kembali dengan menghadirkan para pakar dan konsultan internet marketing yang tersebar diseluruh indonesia.

[ MUS ]