Uji Kompetensi Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH) di LKP Rajawali

Uji Kompetensi Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH) di LKP Rajawali – Bekasi, (30/01) LKP Rajawali bekerjasama dengan TUK-TIK Nurul Fikri menyelenggarakan Uji Kompetensi Aplikasi Perkantoran untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi TIK dari Lembaga Sertifikasi Kompetensi TIK (LSK-TIK) yang telah diakui oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.

Kegiatan tersebut merupakan program Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH) bantuan dari Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Ditjen Paud & Diknas – Kemendikbud. Kegiatan diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh Ibu Puji selaku Pimpinan LKP Rajawali:

Uji Kompetensi Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH) di LKP Rajawali“LKP Rajawali mengucapkan terima kasih kepada Kemdikbud yang telah memberikan bantuan kepada peserta didik dalam bentuk program kecakapan hidup (PKH) sehingga peserta didik dapat mengikuti uji kompetensi, harapan kami semua peserta dapat lulus dengan hasil yang baik, sehingga hasilnya dapat mereka gunakan untuk bekerja”.
Bapak Hafidz Atamim, selaku pengawas yang ditugaskan TUK-TIK Nurul Fikri membacakan tata tertib pelaksanaan Uji Kompetensi, membuka dan membagikan soal. Terdapat tiga jenis soal untuk aplikasi perkantoran, yaitu:

  1. Word Processor
  2. SpreadSheet
  3. Power Point

Sesi pertama diawali dengan materi “Word Processor” dengan waktu 120 menit, terdapat empat jenis soal untuk kategori ini, yaitu: indentasi, table, column, dan mailmerge. Tingkat kesulitan pada tiap jenis soal berbeda-beda.
Sesi kedua, materi yang diujikan adalah SpreadSheet dengan waktu 120 menit, terdapat 6 jenis soal untuk kategori ini, yaitu: logika if, pembacaan table, statistik database, grafik, format text dan sort/filter. Pada sesi ini peserta terlihat sedikit kesulitan karena soalnya bisa dikategorikan level advanced.
Sesi ketiga atau sesi yang terakhir materi yang diujikan adalah “Power Point”, pada sesi ini peserta diminta membuat 6 slide presentasi dengan fungsi dan animasi yang telah ditentukan.
Pada tiap akhir sesi pengawas melakukan beberapa kegiatan, yaitu:

  1. Mengisi berita acara
  2. Mendokumentasikan kegiatan dalam bentuk foto
  3. Mendokumentasikan semua hasil pekerjaan peserta UJK dalam format kompresi
  4. Mengirim hasil UJK ke LSK TIK untuk di proses selanjutnya
  5. Mengirim SMS konfirmasi bahwa hasil UJK telah dikirim

Setelah semua acara selesai, ibu Puji menutup kegiatan Uji Kompetensi dengan mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh peserta khususnya TUK-TIK Nurul Fikri, dan berpesan kepada peserta agar hasil yang diperoleh nanti bisa menjadi bekal ketika bekerja dan terjun dimasyarakat, kemudian kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan ramah tamah.