Training Presentasi Profesional BPKP dengan PowerPoint dan Prezi

Training Presentasi Profesional BPKP dengan PowerPoint dan PreziNF COMPUTER (Nurul Fikri Computer) bekerja sama dengan BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) menyelenggarakan training komputer “Presentasi Profesional” 14-16 Desember 2016. Training yang menggunakan software PowerPoint dan Prezi ini bertujuan agar peserta dapat membuat media presentasi digital yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan sehari-hari di BPKP.
Di bagian awal pelatihan, peserta diberikan pengantar tujuan membuat presentasi, antara lain untuk  menginformasikan ide, pemikiran, produk, program, atau topik tertentu, membujuk atau meyakinkan  yang biasanya dibawakan oleh wiraniaga atau sales, memberikan hiburan yang biasanya dilakukan oleh para komedian atau penyiar radio/TV dalam sebuah acara hiburan, dan memberikan motivasi seperti yang dilakukan oleh motivator, atasan kepada bawahan, guru kepada murid, dosen kepada mahasiswa, dan pelatih kepada peserta pelatihan.
Peserta dilatih menggunakan PowerPoint mencakup teknik pembuatan slide presentasi secara efektif dan efisien, pengaturan slide design dan slide transition, pengaturan slide master, hyperlink, dan action sebagai penghubung slide, pembuatan obyek presentasi (text, gambar, tabel, bagan, grafik, sound, dan video), pemilihan animasi obyek-obyek presentasi yang dibuat, dan pengaturan slide show presentasi (setup slide show dan pengaturan proyektor LCD/LED) sehingga seluruh informasi tersampaikan dengan baik.
Peserta dilatih membuat presentasi menggunakan Prezi untuk dapat menyajikan obyek-obyek presentasi dengan efek zoom pada bagian tertentu. Materi yang dipelajari terkait penggunaan Prezi ini meliputi bagaimana proses menginstal program aplikasi prezi desktop, pengaturan navigasi didalam Prezi (zoom, pan, rotate), fungsi menu-menu dan penggunaannya dalam mengontrol obyek presentasi, pembuatan tulisan atau text dan berbagai modifikasi bentuknya, bagaimana proses menyeleksi obyek-obyek presentasi, proses transformasi bentuk obyek presentasi seperti ukuran, kemiringan, dan rotasi obyek, pembuatan frame dan path beserta bagaimana cara memodifikasinya, pembuatan obyek multimedia (gambar, video, PDF), dan teknik presentasi menggunakan Prezi.

Training Presentasi Profesional BPKP dengan PowerPoint dan Prezi
Di hari terakhir peserta diberi tugas mandiri untuk menguji apakah materi yang disampaikan dapat diserap dengan baik oleh para peserta pelatihan. Setelah membuat desain slide presentasi, maka satu per satu peserta pelatihan maju ke depan untuk mempresentasikan materi yang telah dituangkan ke dalam slide-slide presentasi tersebut.  ( NK)