Training Pengolahan Data Otoritas Jasa Keuangan

Training Pengolahan Data Otoritas Jasa Keuangan – NF COMPUTER bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK mengadakan pelatihan penggunaan Microsoft Access dan Microsoft Excel dalam pengolahan data pada 29 dan 30 September 2016  di kantor OJK Jalan Budi Kemuliaan Jakarta.
Materi yang dipelajari pada hari pertama tentang menu-menu dan teknik pengolahan data menggunakan Microsoft Access. Pokok-pokok bahasannya antara lain sebagai berikut:

  1. Jenis-jenis data yang diolah oleh Microsoft Access, yaitu Text, Number, Date, Time, Currency, OLE Object, dan Special Object.
  2. Segala sesuatu tentang tabel, dari mulai fungsi, jenis-jenis data yang diolah, desain tabel, hingga langkah-langkah pembuatan tabel yang benar.
  3. Mengatur hubungan (relasi) antar tabel dan/atau query yang telah dibuat.
  4. Membuat bentuk inputan data berupa lookup atau bisa pula disebut sebagai drop down list.
  5. Mengolah data yang dimasukkan kedalam tabel menggunakan berbagai jenis query.
  6. Membuat Form sehingga proses menginput data menjadi lebih interaktif. Selain itu dipelajari pula bagaimana memodifikasi tampilan form sehingga menjadi lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan.
  7. Membuat Report atau laporan sebagai hasil akhir pengolahan data didalam Microsoft Access.

Materi yang dipelajari pada hari kedua lebih difokuskan kepada pengolahan data menggunakan rumus-rumus Microsoft Excel. Garis besar materinya sebagai berikut:

  1. Fungsi matematika yang meliputi penggunaan rumus ABS(), INT(), PI(), RAND(), POWER(), SQRT(), CEILING(), FLOOR(), SIN(), COS(), dan TAN().
  2. Fungsi statistik yang meliputi penggunaan rumus SUM(), AVERAGE(), MAX(), MIN(), COUNT(), dan COUNTA(). Selain rumus statistik standar tersebut, dipelajari pula rumus-rumus yang tergolong database statistics yang meliputi rumus DSUM(), DAVERAGE(), DMAX(), DMIN(), dan DCOUNT(). Dan untuk melengkapi dibahaslah rumus-rumus yang tergolong kedalam Fungsi Statistic If yaitu SUMIF(), AVERAGEIF(), dan COUNTIF() baik dalam bentuk tunggal ataupun dalam bentuk jamak.
  3. Fungsi finansial yang difokuskan pada bagaimana mencari nilai pembayaran atau payment melalui rumus PMT() dan mencari nilai uang sekarang melalui rumus PV().
  4. Bagimana mengambil data dari suatu tabel referensi menggunakan fungsi lookup.
    Mengatur tampilan data berdasarkan kondisi-kondisi tertentu menggunakan fasilitas Conditional Formatting.
    Menjaga keabsahan data menggunakan fasilitas Data Validation dengan baik.
  5. Menyaring data-data yang ada menggunakan berbagai ketentuan dan kebutuhan di dunia kerja menggunakan Data Filter. Membuat otomatisasi pengolahan data di dalam Microsoft Excel menggunakan Macro.

(NK)