Training Android Hybrid di Computesta Jakarta

NF Computer STT Nurul Fikri bekerja sama dengan PT Computesta Digital Indonesia menyelenggarakan pelatihan Android Hybrid di Jakarta. Pelatihan selama 36 jam itu dilaksanakan setiap hari Kamis dan Jumat dari tanggal 18 Agustus 2016 hingga 2 September 2016. Bapak Danil Syahrizal dari NF Computer STT Nurul Fikri menjadi pengajar untuk empat peserta pelatihan dari Computesta.

Pada pelatihan ini, peserta belajar mengenai dua teknologi yang menjadi dasar pengembangan aplikasi Android Hybrid, yaitu AngularJS Framework dan Ionic Framework. AngularJS dipelajari terlebih dulu, kemudian dilanjutkan dengan Ionic Framework.

Beberapa materi AngularJS yang dipelajari di pelatihan ini antara lain mempersiapkan lingkungan pengembangan dan instalasi AngularJS, komponen-komponen AngularJS Framework – seperti controllers, scopes, services, dan filters – dan pembuatan aplikasi menggunakan AngularJS.

Setelah dibekali pengetahuan mengenai AngularJS, peserta kemudian mempelajari pengembangan Android hybrid menggunakan Ionic framework. Beberapa materi pengembangan Android Hybrid yang dipelajari antara lain instalasi dan pembuatan proyek Android di Ionic, Ionic CSS dan Javascript Component, penggunaan LocalStorage dan SQLite Storage dalam Android hybrid yang diimplementasikan dalam aplikasi Android Hybrid menggunakan SQLite.

Setelah 36 jam pelatihan, skill peserta menunjukkan peningkatan. Hal ini tergambar dari hasil post test atau ujian setelah belajar yang lebih baik dibandingkan hasil pre test yang dilakukan sebelum mulai belajar. (DNL)