Pelatihan Video Editing di Badan Informasi Geopasial

Pelatihan Video Editing di Badan Informasi Geopasial Untuk kesekian kalinya Badan Informasi Geospasial atau yang dikenal dengan nama BIG, mempercayakan pengembangan keterampilan 10 orang stafnya kepada NF COMPUTER. Pelatihan dilaksanakan sejak tanggal 29 Juni 2015 hingga 2 Juli 2015 dengan materi Video Editing dengan fasilitator Bapak Nanang Kuswana. Adapun software yang digunakan sebagai alat belajar adalah Adobe Premiere CS 4.

Pada hari pertama yaitu hari Senin tanggal 29 Juni 2015, para peserta pelatihan sangat bersemangat mengikuti paparan materi dan instruksi penggunaan Adobe Premiere dari fasilitator. Kegiatan hari tersebut diawali dengan pemaparan tentang Video Jurnalistik secara umum dan apa yang dimaksud dengan Video Editing. Setelah itu dilanjutkan dengan teknik pengambilan gambar ( video shooting) yang baik dan benar. Siang harinya, para peserta dibimbing bagaimana teknik menyusun skenario pembuatan video sesuai dengan aturan baku profesional. Dan sebagai penutup hari seluruh peserta didik belajar berbagai teknik transfer video kedalam komputer.

Materi pembelajaran yang diberikan pada hari kedua yaitu hari Selasa tanggal 30 Juni 2015 adalah:

(1)    Mengubah jenis file video yang telah ditransfer (Video Converting)

(2)    Mengolah file suara sesuai dengan kebutuhan durasi dan efek film (Audio Editing)

(3)    Memasukkan gambar dan obyek-obyek lain kedalam Project Window / Library

(4)    Menyusun gambar gambar menjadi urutan film didalam Timeline

(5)    Menyimpan project menjadi berbagai jenis file video (Rendering)

Hari Rabu tanggal 1 Juli 2015, kegiatan pembelajaran di BIG difokuskan kepada mempelajari teknik mengolah file video menjadi sebuah video dengan durasi yang sesuai dengan kebutuhan dan dilengkapi dengan berbagai movie title. Materi yang dipelajari adalah teknik memasukkan file video kedalam timeline, teknik pemotongan clip sesuai dengan posisi current time marker, pengaturan durasi clip dan movie, pembuatan front title, sub title, dan end title (credit title). Jika di hari pertama setiap peserta diberi tugas untuk menyusun skenario dan pada hari kedua diberi tugas menyusun gambar menjadi video, maka pada hari ketiga ini para peserta diberi tugas untuk mengedit video dan melengkapinya dengan title.

Hari Kamis tanggal 2 Juli 2015 merupakan hari terakhir kegiatan training Video Editing di BIG. Pada hari ini, materi yang dipelajari adalah:

(1)    Memilih dan menentukan Video Transition yaitu animasi perpindahan antar clip

(2)    Memilih dan menentukan Video Effect yang mengubah tampilan dan kualitas gambar video

(3)    Modifikasi efek dan transisi video

(4)    Mengatur animasi obyek video dengan mengubah scale, rotate, alpha, dan kualitas warna gambar

(5)    Mengolah efek audio yang sudah disisipkan kedalam timeline

(6)    Mengatur track pada timeline untuk mengontrol atmpilan video

(7)    Mengolah video background menggunakan efek keying

Walaupun hanya empat hari, tetapi seluruh teknik pengolahan video menggunakan Adobe Premiere CS4 berhasil disampaikan kepada sluruh peserta didik. Pak Seto sebagai ketua panitia kegiatan menyatakan sangat puas dengan materi yang telah dipelajari dan berharap dapat menggunakan keterampilan yang diperolehnya dari kegiatan training ini untuk membuat video kegiatan BIG dan sebagai sarana informasi kepada masyarakat.