Pelatihan Presentasi Profesional – Ditjen Guru Kemendikbud RI

Pelatihan Presentasi Profesional – Ditjen Guru Kemendikbud RI – Sabtu 19 Desember 2015 merupakan hari pertama pelaksanaan training “Presentasi Profesional” di Hotel New Ayudya, Bogor yang diselenggarakan oleh NF COMPUTER. Training dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan penggunaan aplikasi komputer para staf Ditjen Guru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Materi pembelajaran training “Presentasi Profesional” itu antara lain proses persiapan pembuatan slide sebagai perangkat presentasi dan teknik presentasi data yang efektif sehingga menarik dan tepat guna.

Pelatihan Presentasi Profesional - Ditjen Guru Kemendikbud RI

NF COMPUTER telah biasa menyelenggarakan training semacam itu untuk peeserta dari berbagai profesi dan jabatan mulai staf hingga manajer yang memang memerlukan keterampilan mempresentasikan berbagai ide, gagasan, dan data kepada pihak lain.

Proses pembelajaran berjalan lancar dan sesuai dengan target yang diharapkan klien dalam hal ini Ditjen Guru Kemdikbud Republik Indonesia, karena tim pengajar NF Computer  telah mempersiapkan agenda dan bahan-bahan ajar terkait. Di hari pertama itu, tim pengajar menguji kemampuan dasar peserta sebelum mengikuti training dalam bentuk Pre Test, yakni berupa pemahaman tentang teknik presentasi efektif, pengumpulan data, pembuatan slide presentasi, dan pengolahan animasi untuk mempermanis tampilan slide presentasi.

Pada hari kedua, Minggu 20/2/2015, proses pembelajaran dimulai pukul 08:00, dan enam puluh peserta training telah hadir di ruang training. Pagi itu materi pertama yang disampaikan tentang teknik presentasi yang efektif, hal-hal yang boleh dan harus dihindarkan ketika melakukan presentasi, dan panduan umum pengaturan obyek pada slide presentasi.

Siang harinya dilanjutkan dengan pembahasan pembuatan slide yang baik dengan materi antara sebagai berikut:

  1. Mengatur tampilan slide melalui fitur Slide Design.
  2. Teknik memasukkan obyek gambar yang tepat dan cara memodifikasinya.
  3. Proses pengolahan data menjadi bagan.
  4. Pembuatan data berupa daftar bernomor dan simbol.
  5. Proses pengolahan tabel dalam berbagai bentuk.
  6. Pembuatan grafik dalam berbagai desain dan bentuk.

Pada hari ketiga, Senin 21/12/2015, peserta training mempelajari animasi yang dapat digunakan pada slide presentasi. Animasi terbagi menjadi dua bentuk yaitu animasi perpindahan antar slide atau yang biasa disebut sebagai slide transition dan animasi pergerakan obyek atau object animation. Selain animasi dipelajari juga bagaimana teknik mengontrol slide show ketika melakukan presentasi. Detail materi yang dipelajari adalah:

  1. Mengatur slide transition untuk setiap slide yang dibuat.
  2. Menentukan animasi setiap obyek yang dibuat.
  3. Mengatur konfigurasi Setup Slide Show.
  4. Mengatur View dan Output slide yang dibuat.
  5. Pengembangan animasi obyek menggunakan Flash.

Pada hari terakhir Pelatihan Presentasi Profesional – Ditjen Guru Kemendikbud RI, Selasa 22/12/2015, peserta training dibagi menjadi 5 kelompok untuk mengerjakan tugas mandiri. Hal ini dilakukan untuk memastikan setiap materi yang telah dipelajari dapat diaplikasikan dengan benar. Dan sesuai standar pembelajaran, pada sesi terakhir dilakukan post test untuk mengukur kemampuan peserta setelah mengikuti training. Hasil post test ini selanjutnya akan dibandingkan dengan hasil pre test, sehingga pencapaian hasil belajar setiap peserta dapat terpetakan dengan baik.