Pelatihan Perilaku dan Pemanfaatan Media Sosial untuk Media Publikasi

Pada tanggal 9 – 12 Oktober 2017 NF COMPUTER dipercaya untuk menyelenggarakan pelatihan “Perilaku dan Pemanfaatan Media Sosial untuk Media Publikasi” untuk Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Pelatihan diikuti oleh 70 orang pegawai Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan – Pendidikan Dasar dan Menengah – Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pegawai terhadap norma dan hukum dalam pemanfaatan media sosial, meningkatkan penguasaan pegawai pada penggunaan media sosial, serta mengasah keterampilan pegawai untuk membuat informasi dan publikasi melalui media sosial. Pelatihan ini terbagi dalam 5 sesi.

Pelatihan Perilaku dan Pemanfaatan Media Sosial untuk Media Publikasi

Media Sosial merupakan media online yang mendukung masyarakat untuk berinteraksi sosial dan mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif dengan menggunakan teknologi berbasis web. Saat teknologi internet dan mobile phone makin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah handphone.

Salah satu tantangan dan tuntunan zaman saat ini adalah penyampaian informasi secara cepat, tepat, dan faktual. Selain itu dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi menjadikan media publikasi berupa media elektronik menjadikan informasi yang disampaikan lebih cepat, mudah, dan mempunyai penyampaian yang lebih menarik.

Sesi pertama di hari pertama membahas UU ITE terkait dengan Media Sosial, Youtube, Facebook, Instagram, dan Twitter. Pembahasan UU ITE terkait media sosial dipaparkan oleh Bapak Drs. Rusmanto, M.M. dosen STT Nurul Fikri yang juga praktisi media dan aktif sebagai penulis terkait IT. Dalam pemaparannya, Bapak Rusmanto menjelaskan cara memberikan dan mendistribusikan informasi dan dokumen elektronik, apa saja larangan di media sosial (seperti ancaman, pencemaran nama baik, penghinaan, berita bohong, kekerasan), dan bagaimana tips penulisan yang baik di media sosial.

Materi kedua tentang penggunaan Youtube. Peserta diajarkan cara membuat akun di channel Youtube, membuat video, dan upload video ke Youtube. Peserta diberikan tugas untuk membuat video pendek saat pelaksanaan training. Setelah itu diajarkan untuk meng-uploadnya di channel Youtube yang sudah mereka buat. Dalam sesi Youtube ini peserta dibimbing oleh Bapak Nanang Kuswana, S.Kom, instruktur NF COMPUTER dengan spesialisasi di Presentasi Professional dan Desain Grafis, yang juga aktif dalam penggunaan Youtube sebagai media pembelajaran dan penyebaran tutorial terkait IT.

Pada hari kedua membahas materi ketiga tentang Facebook. Peserta dibimbing oleh Rahmah, S.Sos yang saat ini sebagai Marketing Communication NF COMPUTER. Dalam menjalankan publikasi dan promosi NF COMPUTER sering menggunakan Facebook. Pertama-tama Ibu Rahmah menanyakan kepada Peserta, “Siapa saja yang sudah mempunyai Facebook”. Kebanyakan peserta sudah mempunyai Facebook dalam meningkatkan silaturahim dan memberikan informasi. Selain memberikan informasi update dan fitur terbaru apa saja yang ada di Facebook, Ibu Rahmah juga menjelaskan cara membuat fanpage dan bagaimana pengaturannya. Fanpage atau Facebook Page merupakan sebuah halaman yang dibuat untuk mempromosikan dan mempublikasikan produk, web, atau kegiatan.

Materi keempat tentang Instagram dibimbing oleh Rizkiyandi, A.Md, instruktur NF COMPUTER yang aktif menggunakan instagram untuk publikasi materi training. Terlebih dahulu peserta dikenalkan tentang sejarah dan perkembangan instagram. Selanjutnya, bagaimana cara membuat akunnya, cara kerjanya, dan bagaimana meng-upload foto/video. Peserta ditugaskan untuk mengupload foto/video di Instagram yang sudah mereka buat dan ditantang untuk membuat semenarik mungkin sehingga banyak yang meng-like postingan tersebut.

Pembahasan kelima yang terakhir tentang Twitter dibimbing oleh Nasrul, S.Kom, instruktur NF COMPUTER yang menyukai mencari informasi, membaca berita, dan publikasi training di Twitter. Peserta diajarkan untuk membuat akun twitter bagi yang belum mempunyai, membuat tweet, dan mengikuti akun lainnya (seperti tokoh terkenal, ilmuwan, atau selebritis).

NF COMPUTER berharap pelatihan “Perilaku dan Pemanfaatan Media Sosial untuk Media Publikasi” untuk para peserta dan lembaga instansi dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan dalam menggunakan media sosial dengan sebaik-baiknya sebagai sarana informasi dan publikasi. NF COMPUTER mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan staf Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Dikdasmen Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI atas kerja sama yang sangat baik dalam pelaksanaan pelatihan ini. <RHM>

 

——————
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di:
NF COMPUTER Training Center
Jl. Lenteng Agung Raya No. 20-21
Srengseng Sawah – Jagakarsa
Jakarta Selatan 12640
Tel. 021-7874223, 7874224
WA. 081296421595

registrasi kontak